Senam Bersama dan Skrining Kesehatan, Jamin Kebugaran Petugas Pemilu Kota Kendari

Riksan Jaya, telisik indonesia
Jumat, 09 Februari 2024
0 dilihat
Senam Bersama dan Skrining Kesehatan, Jamin Kebugaran Petugas Pemilu Kota Kendari
Sebanyak 751 petugas pemilu bersama tenaga kesehatan, mengikuti senam yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Kendari. Foto: Ist.

" Dalam rangka persiapan Pemilu 2024, petugas pemilu, KPPS, Bawaslu, TNI dan Polri, melaksanakan senam bersama dan skrining riwayat kesehatan petugas penyelenggara pemilu "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka persiapan Pemilu 2024, petugas pemilu, KPPS, Bawaslu, TNI dan Polri, melaksanakan senam bersama dan skrining riwayat kesehatan petugas penyelenggara pemilu, Jumat (9/2/2024).

Sebanyak 751 petugas pemilu bersama tenaga kesehatan mengikuti senam yang dilakukan di beberapa tempat, seperti puskesmas, kantor kelurahan, kantor kecamatan, pantai Nambo dan kampus Universitas Halu Oleo.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Rahminingrum, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran bersama antara Bawaslu, KSP (Kantor Staf Presiden) dan BPJS.

Baca Juga: Begini Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal Malam Rute Kendari-Raha Jelang Pemilu 2024

"Kemudian kami Dinas Kesehatan Kota Kendari melaksanakan berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan perihal permohonan fasilitasi senam bersama petugas pemilu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran penyelenggara pemilu sebelum melaksanakan tugas tanggal 14 Februari," jelasnya.

Senam dilaksanakan di 15 UPTD puskesmas di Kota Kendari dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 751 orang. Senam bersama puskesmas dengan petugas pemilu ini adalah bentuk dukungan Pemerintah Kota Kendari terhadap suksesnya pesta demokrasi.=

Karena KPPS berperan sangat penting terhadap sukses tidaknya pesta demokrasi, sehingga dengan senam bersama ini, diharapkan KPPS lebih sehat, bugar dan siap bertugas menyukseskan perhelatan 5 tahunan ini.  

Selain itu, Dinas Kesehatan juga siap mendukung agar semua petugas pemilu tetap sehat dan bugar selama bertugas sebagai pelaksana pemungutan suara.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: PT Air Bersih Sejahtera Cari Karyawan, Ini Syaratnya

Salah seorang petugas KPPS, Riksan, mengaku sangat bersemangat mengikuti senam ini. Dia berharap semua petugas pemilu tetap sehat dan bugar selama melaksanakan tugas mulia di pemilu nanti.

"Semoga apa yang terjadi di pemilu tahun 2019 tidak terulang di pemilu kali ini. Semoga semua petugas sehat dan bisa melaksanakan tugasnya sampai perhitungan suara selesai," harapnya.

Diketahui, berdasarkan data KPU RI, pada pemilu 2019, total ada 894 petugas yang meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit. Beban kerja yang cukup besar menjadi salah satu faktor banyaknya petugas yang sakit atau meninggal dunia. (B)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga