Senyum Bahagia Masyarakat Konawe Sambut Hari Kemenangan

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 02 Mei 2022
0 dilihat
Senyum Bahagia Masyarakat Konawe Sambut Hari Kemenangan
Suasana pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Ibadurahman Kelurahan Ambekairi. Foto: Aris Syam/Telisik

" Dibandingkan tahun sebelumnya, perayaan salat Id tahun ini sangat ramai, itu dikarenakan pemerintah telah memberi kelonggaran untuk umat Muslim dalam merayakan Idul Fitri tahun 2022 "

KONAWE, TELISIK.ID - Ratusan warga melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah 2021, di dalam maupun di halaman Masjid Ibadurahman Kelurahan Ambekairi, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Senin (2/5/2022).

Dari pantauan Telisik.Id, dengan wajah ceria dan penuh kebahagiaan, masyarakat Kelurahan Ambekairi berbondong-bondong memadati area Masjid Ibadurahman hingga di ruas jalan poros kota Unaaha untuk melaksanakan salat Id secara berjamaah.

Tikar dan sajadah menjadi alas untuk mereka beribadah, menjadi saksi bagaimana perasaan bahagia mereka saat itu menyambut hari kemenangan umat Islam seluruh dunia.

Sekitar pukul 07.10 Wita salat Id pun digelar dan dilanjutkan khutbah. Pelaksanaan salat Id dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), salah satunya memakai masker.

Salah satu jemaah salat Id, Burhan mengatakan, dirinya setiap tahun salat Id di tempat tersebut, dikarenakan jarak dari rumahnya cukup dekat, hanya dengan berjalan kaki.

Baca Juga: KMP Merak Rute Tobaku-Siwa Tetap Beroperasi di Hari Raya Idul Fitri

"Alhamdulillah, suasana seperti ini yang kami rindukan,  berbeda perayaan sebelumnya masih ada pembatasan karena COVID-19, dan sekarang masyarakat menikmati perayaan salat Id tahun ini," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan jemaah lainnya, Fadli. Dibandingkan tahun sebelumnya, perayaan salat Id tahun ini sangat ramai, itu dikarenakan pemerintah telah memberi kelonggaran untuk umat Muslim dalam merayakan Idul Fitri tahun 2022.

"Tahun sebelumnya masih sedikit. Masih ada yang salat di rumah, karena masih rawan kasus COVID-19. Tapi sekarang sudah dibolehkan, jadi masyarakat tidak ragu lagi melaksanakan salat Id," jelasnya.

Sementara itu, pengurus masjid Ibadurahman, Salam menjelaskan, dirinya sangat bahagia melihat antusiasme masyarakat yang datang melaksanakan salat Id di halaman masjid tersebut.

Baca Juga: Ramainya Takbiran Keliling di Reok, Umat Non Muslim Terlibat Penjagaan

Terlebih lagi, dikarenakan banyaknya jemaah yang datang, ruas jalan raya pun terpaksa dijadikan tempat untuk jemaah melaksanakan salat.

"Karena tiap tahun salat Id di sini, jadi warga pasti mencari lokasi yang dekat, jadi kita siapkan tempat biar di jalan kita pakai dulu," katanya.

Salam menambahkan, dalam pelaksanaan salat Id, pihaknya juga tidak lupa menginformasikan agar para jemaah tetap patuhi protokol kesehatan sesuai intruksi dari pemerintah.

"Meskipun kita sudah diberi kelonggaran tahun ini, tapi tetap patuhi prokes karena masih situasi pendemi," tandasnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga