Seorang Tokoh Wartawan Sambangi Telisik.id, Beri Motivasi pada Jurnalis Muda

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 02 September 2022
0 dilihat
Seorang Tokoh Wartawan Sambangi Telisik.id, Beri Motivasi pada Jurnalis Muda
Sesi foto bersama Syahrir Lantoni bersama Dirut dan karyawan Telisik bertempat di Kantor Telisik.id, Jalan Taridala No. 29 B, Kendari. Foto: Telisik.

" Meski beberapa kali mendapatkan tekanan dari pihak-pihak tertentu saat itu, tak menyurutkan niatnya sedikitpun untuk menurunkan berita tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu tokoh wartawan yang juga pendiri Surat Kabar Harian (SKH) Kendari Ekspres, Syahrir Lantoni, menyambangi Telisik.id, Jumat (2/9/2022).

Sebagai media online nomor satu di Sulawesi Tenggara yang tumbuh di tengah menjamurnya media online, kehadiran Syahrir Lantoni yang akrab disapa Bang Acil, tentu membawa angin segar.

Sebagai wartawan yang sudah malang melintang di dunia media dan jurnalistik, ilmu dan pengetahuannya tentu sangat bermanfaat, terutama dalam membangun media dan menumbuhkan semangat serta idealisme jurnalis-jurnalis muda Telisik.id.

Dia mengatakan, suatu media harus independen, idealis, berimbang dan akurat.

Ia juga menceritakan pengalamannya, saat membangun media cetak saat itu yang sempat terkena kasus hukum dari beberapa institusi besar di Kota Kendari, terkait pemberitaan yang dimuat oleh media yang dipimpinnya.

Meski beberapa kali mendapatkan tekanan dari pihak-pihak tertentu saat itu, tak menyurutkan niatnya sedikitpun untuk menurunkan berita tersebut. Ia mengatakan, atas dasar kebenaran, apapun yang terjadi tak boleh kendur.

Baca Juga: Wali Kota Kendari Lantik Kepala BKAD dan Dikmudora

"Telisik harus berdiri pada kebenaran. Kebenaran yang memihak pada fakta-fakta, yang cover both side," tuturnya di kantor Telisik.id, Jumat (2/9/2022).

Syahrir Lantoni di Kantor Telisik.id saat menceritakan beberapa pengalaman sebagai seorang wartawan senior. Foto: Telisik.

 

Ia juga memberikan kesempatan pada wartawan muda bertanya terkait dunia  jurnalisme. Salah seorang wartawan, Thamrin Dalby, memberikan pertanyaan terkait maraknya media online yang masih memiliki akses dalam menjangkau masyarakat, padahal media tersebut belum terverifikasi oleh Dewan Pers.

"Banyak media online sekarang yang tidak semuanya terverifikasi oleh Dewan Pers, bagaimana dengan tugas dan tanggung jawab Dewan Pers dalam menindak hal tersebut ," katanya.

Bang Acil mengakui jika saat ini media online sangat banyak, bahkan beberapa di antaranya memang tidak terverifikasi Dewan Pers. Ia menilai jika media yang tidak memiliki sistem dan manajemen yang baik, cepat atau lambat akan terseleksi secara alamiah.

Seorang wartawan lainnya, Ibnu Sina Ali Hakim menanyakan tips-tips menumbuhkan kesadaran diri seorang wartawan.

"Bagaimana menumbuhkan kesadaran diri sebagai seorang wartawan yang penuh tanggung jawab," tanyanya.

Bang Acil menjawab, jika ingin menumbuhkan semangat dan kesadaran diri, adalah dengan mencintai pekerjaan itu. Walaupun dari pekerjaan tersebut memiliki penghasilan yang tidak seberapa, tapi jika kita memiliki kecintaan yang lebih terhadap pekerjaan tersebut, kita akan selalu semangat.

Baca Juga: Lowongan Kerja: Dibutuhkan 400 TKI Lulusan SMA, Gaji Rp 5 Juta Fasilitas Lengkap

Ia juga menyampaikan tips-tips lainnya pada wartawan Telisik.id, sebagai generasi muda yang memiliki masa depan yang panjang dna cerah di bidang jurnalistik. Sesi tanya jawab yang dilayangkan oleh beberapa wartawan Telisik harus terhenti ksrena keterbatasan waktu yang dimiliki.

Wartawan yang kini bermukim di Jakarta itu juga menyampaikan, tak usah sungkan untuk menyapanya jika bertemu.

Kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama Direktur Utama Telisik.id dengan para karyawan. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga