Tahap Evaluasi, Kualifikasi dan Pembuktian Mega Proyek Jalan Lingkar Baubau Berlangsung Tegang

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
0 dilihat
Tahap Evaluasi, Kualifikasi dan Pembuktian Mega Proyek Jalan Lingkar Baubau Berlangsung Tegang
Suasana tegang di kantor UKPBJ pemkot Baubau. Foto: Dheny/Telisik

" Suasana akhirnya terkendali setelah Pokja memberikan pengertian kepada semua pihak "

BAUBAU, TELISIK.ID - Tahap evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga serta pembuktian kualifikasi mega proyek jalan lingkar kota Baubau, berlangsung tegang.

Diketahui, mega proyek menggunakan dana pinjaman daerah ratusan miliar rupiah di kantor Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Ketegangan bermula ketika anggota kelompok kerja (Pokja) UKPBJ tidak memberikan kesempatan kepada salah satu perusahaan calon pemenang yakni, PT Putra Nanggroe Aceh yang untuk melakukan evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga serta pembuktian kualifikasi.

Pasalnya, waktu yang diberikan Pokja terhadap perusahan untuk melakukan tahapan tersebut sudah melewati batas waktu yang ditentukan pada Rabu (3/11/2021) kemarin.

Tak terima dengan itu, pihak perusahaan calon pemenang lainnya akhirnya juga ikut memprotes dan meminta kepada Pokja agar tetap berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Sebab pihak PT Putra Nanggroe Aceh tetap bersikeras untuk melakukan tahapan yang sudah melewati batas waktu itu.

Baca Juga: Butuh Bantuan Menpora, Atlet Ski Air Ini Ingin Pindah Kerja ke Jatim

baca Juga: IJTI dan Polisi di Makassar Bersatu Lawan Buta Aksara Al-Qur'an

Bahkan salah satu perwakilan PT Putra Nanggroe Aceh, Jonathan Limoa alias King-king, sempat memanggil wartawan dengan sedikit nada keras untuk meliput kejadian itu.

Suasana akhirnya terkendali setelah Pokja memberikan pengertian kepada semua pihak. Pokja pun kemudian mengizinkan pihak PT Putra Nanggroe Aceh melakukan tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga serta pembuktian kualifikasi.

"Kami terima surat undangan dari pokja itu tanggal 2. Sementara jadwal tahapan itu sampai tanggal 3. Sangat kasip sekali waktu ini. Makanya kami minta agar dimundurkan hari ini. Dan kami datang hari ini," beber kepala cabang PT Putra Nanggroe Aceh, Alim Bahri.

Dari pantauan Telisik.id, Pemkot akhirnya menurunkan satuan polisi pamong praja untuk mengamankan jalannya tender. Sebab berdasarkan jadwal yang ditentukan, pengumuman pemenang akan dilaksanakan hari ini, Kamis (4/11/2021), pukul 16:00 Wita. (A)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga