Sepuluh SMA Ikut Lomba UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara

Tim Telisik, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Sepuluh SMA Ikut Lomba UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara
Sepuluh SMA ikut perlombaan UPTD Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara, Senin (30/10/2023). Foto: Andi Mahfud Arifin/Telisik

" UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, menyelenggarakan lomba teater tingkat SMA yang diikuti sebanyak 10 sekolah di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara menyelenggarakan lomba teater tingkat SMA yang diikuti sebanyak 10 sekolah di Kota Kendari.

Acara lomba teater tingkat SMA ini dibuka oleh Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya, Laudin. Lomba ini digelar di Kantor Taman Budaya. Lomba ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 30 Oktober hingga 1 November 2023 mendatang. Laudin, mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diperuntukkan bagi siswa sekolah.

"Kegiatan lomba teater tingkat SMA sederajat se-Sulawesi Tenggara ini baru bisa diadakan lagi, dimana sebelumnya sempat berhenti di tahun 2021 dan pada tahun 2023 ini dapat dilaksanakan kembali,” ujarnya pada Telisik.id, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Bersama TLC Menjawab Tantangan Pendidikan

Ia menyebut pada tahun ini, UPTD Museum dan Taman Budaya fokus pada pengenalan budaya melalui lomba teater dimana anak-anak bebas berekspresi dalam memperkenalkan budaya, utamanya cara berbahasa.

Lomba teater tingkat SMA se-Sulawesi Tenggara yang digelar oleh UPTD Museum dan Taman Budaya yang dibuka oleh Kepala UPTD, Laudin. Foto: Andi Mahfud Arifin/Telisik

 

Ketua panitia lomba, Noni Syuhida mengatakan, sistem penilaian dalam lomba ini di antaranya kesesuaian tema, penguasaan karakter di dalam panggung, dan intonasi, serta properti seperti kostum dan dekorasinya.

"Lomba teater ini dibuat untuk mengangkat kembali seni teater di dalam masyarakat, yang sebelumnya berhenti di tahun 2021," ujarnya.

Dengan adanya lomba teater ini, seni teater di Sulawesi Tenggara khususnya di sekolah-sekolah bisa hidup, dan peserta didik dapat lebih semangat lagi dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang seni teater.

Teater bagi siswa sekolah memiliki beberapa tujuan yang penting di antaranya:

1. Pengembangan keterampilan komunikasi: melalui teater, siswa belajar untuk berkomunikasi secara efektif, baik secara verbal maupun non-verbal. Mereka belajar menyampaikan emosi, gagasan, dan cerita dengan jelas kepada audiens.

Peserta kegiatan lomba teater tingkat SMA se-Sulawesi Tenggara saat melakukan pementasan. Foto: Andi Mahfud Arifin/Telisik

 

2. Pengembangan kreativitas: aktivitas teater mendorong siswa untuk menggunakan imajinasi mereka, mengembangkan cerita, karakter, dan situasi yang baru. Ini memperluas kreativitas mereka dalam pemecahan masalah dan pengembangan ide.

3. Meningkatkan kepercayaan diri: melalui latihan, pementasan, dan interaksi di atas panggung, siswa belajar membangun kepercayaan diri mereka. Mereka belajar mengatasi rasa gugup, berbicara di depan publik, dan tampil di hadapan orang lain.

Baca Juga: Semarakkan Merdeka Belajar, Dikbud Sulawesi Tenggara Kembangkan Kreativitas Siswa SLB

4. Kerja sama dan keterampilan sosial: teater membutuhkan kerjasama tim yang kuat. Siswa belajar bekerja sama dalam kelompok, memahami peran masing-masing, dan membangun hubungan yang sehat di dalam tim.

5. Pemahaman terhadap kebudayaan: melalui drama, siswa dapat memahami cerita-cerita dari budaya berbeda, mempelajari sejarah, nilai-nilai, dan kehidupan masyarakat lain, yang membuka wawasan mereka terhadap dunia.

Tujuan utama teater bagi siswa sekolah adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kreatif mereka sambil memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar mereka. (Adv)

Penulis: Andi Mahfud Arifin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga