Sering Dianggap Sepele, Ini Siklus Normal Haid

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 10 Februari 2024
0 dilihat
Sering Dianggap Sepele, Ini Siklus Normal Haid
Pada umumnya, siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 28 hari. Ada pula yang memiliki siklus haid sekitar 25 sampai 35 hari. Ini masih terhitung normal. Foto: Hellosehat.com

" Setiap wanita yang sudah pubertas umumnya akan menstruasi. Meski demikian, tidak semua perempuan mendapat haid setiap bulan. Beberapa selalu datang tepat waktu, yang lainnya tidak bisa diprediksi "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap wanita yang sudah pubertas umumnya akan menstruasi. Meski demikian, tidak semua perempuan mendapat haid setiap bulan. Beberapa selalu datang tepat waktu, yang lainnya tidak bisa diprediksi.

Menstruasi ditandai dengan meluruhnya lapisan dinding rahim sehingga terjadilah perdarahan yang keluar dari vagina. Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama: ada yang normal dan teratur, ada juga yang kebalikannya.

Mengutip Hellosehat.com, siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 28 hari. Ada pula yang memiliki siklus haid sekitar 25 sampai 35 hari. Ini masih terhitung normal.

Anda dianggap memiliki haid yang teratur jika menstruasi datang setiap 23 hari atau setiap 35 hari, atau di mana saja di antara rentang waktu ini. Menstruasi yang normal berlangsung antara tiga sampai tujuh hari dengan volume darah yang keluar sekitar 30-80 ml.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Tidur Menggunakan Make Up

Siklus dianggap tidak teratur jika lebih pendek dari 24 hari atau lebih lama dari 38 hari. Siklus menstruasi mungkin juga tidak teratur jika panjangnya bervariasi lebih dari 20 hari dari bulan ke bulan.

Selama siklus haid, terdapat perubahan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan perubahan pada lapisan rahim. Jika sel telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan luruh dan keluar bersamaan dengan darah menstruasi.

Tanda siklus menstruasi tidak normal

Dilansir dari Halodoc.com, siklus menstruasi tidak normal terjadi ketika menstruasi terjadi secara tidak teratur atau tidak konsisten setiap bulannya. Sebenarnya menstruasi yang datang sedikit terlambat atau sedikit lebih cepat dari siklus, masih dianggap normal atau teratur. Namun, siklus menstruasi dianggap normal bila:

- Menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari atau jarak waktu antara satu siklus ke siklus lainnya lebih dari 35 hari.

- Tidak menstruasi selama tiga periode atau lebih berturut-turut.

Baca Juga: Deretan Manfaat Tidur Telanjang, Ternyata Bisa Redakan Stres dan Bikin Kulit Sehat

- Aliran menstruasi (perdarahan) yang jauh lebih berat atau lebih ringan dari biasanya.

- Menstruasi yang berlangsung lebih lama dari tujuh hari.

- Lamanya waktu antara siklus bervariasi lebih dari sembilan hari. Misalnya, satu siklus 28 hari, siklus berikutnya 37 hari, dan siklus berikutnya 29 hari.

- Menstruasi yang datang bersamaan dengan nyeri hebat, kram, mual atau muntah.

- Pendarahan atau bercak yang terjadi di antara periode, setelah menopause atau setelah berhubungan seksual.

- Volume darah bisa memenuhi satu atau lebih tampon atau pembalut dalam satu jam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga