Setelah Kalah dari Australia di 16 Besar Piala Asia 2023 Berapa Ranking FIFA Timnas Indonesia, Turun Drastis?

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 29 Januari 2024
0 dilihat
Setelah Kalah dari Australia di 16 Besar Piala Asia 2023 Berapa Ranking FIFA Timnas Indonesia, Turun Drastis?
Meski ranking FIFA Timnas Indonesia dan Australia terpaut 119 anak tangga, Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong tidak gentar menghadapi Australia. Foto: Repro Detiksport

" Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan dari Australia setelah kalah 4-0 dalam lanjutan 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu (28/01/2024) malam "

QATAR, TELISIK.ID - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan dari Australia setelah kalah 4-0 dalam lanjutan 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu (28/01/2024) malam.

Meski ranking FIFA Timnas Indonesia dan Australia terpaut 119 anak tangga, Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong tidak gentar menghadapi Australia.

Timnas Indonesia berani bermain terbuka dan beberapa kali menciptakan peluang lewat Justin Hubner dan Marselino Ferdinand. Namun sayang Skuad Garuda belum mampu menciptakan gol.

Sebaliknya Timnas Australia berhasil menciptakan gol dengan memanfaatkan celah di lini pertahanan Timnas Indonesia.

Gol pertama Australia dicetak Jackson Irvine setelah umpan silangnya dibelokkan oleh bek Timnas Indonesia, Elkan Baggot pada menit 12, diikuti gol kedua Martin Boyle menjelang akhir babak pertama.

Baca Juga: Australia Menang 4-0, Indonesia Tersingkir 16 Besar di Piala Asia 2023

Dikutip dari Bola.okezone.com, di babak kedua, Australia menambah dua gol melalui sepakan Craig Goodwin menit 89 dan sundulan Harry Souttar (90+1).

Kekalahan ini membuat langkah Timnas Indonesia harus terhenti di 16 besar Piala Asia 2023. Sementara Australia lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023 dan akan menunggu pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan di 16 besar.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Australia 16 Besar Piala Asia 2023, Waktunya Mengukir Sejarah

Dilansir dari Sekbernews.id, meski kalah dari Australia, Timnas Indonesia tidak mengalami penurunan ranking FIFA, Skuad Garuda tetap berada di posisi 142 dengan 1,072.85 poin. Sementara Australia tertahan di peringkat 23 dunia dan tambahan 4,79 poin di rangking FIFA.

Kekalahan ini tidak mengurangi poin Indonesia di rangking FIFA. Menurut peraturan FIFA, tim yang kalah di fase gugur turnamen mayor (Piala Asia, Piala Eropa, Copa America, Piala Emas dan Piala Dunia), tidak kehilangan poin.

Kendati harus tersingkir, Timnas Indonesia layak diberi apresiasi atas militansinya sepanjang gelaran Piala Asia 2023, hingga mencetak sejarah lolos ke fase gugur. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga