Sisihkan 14 Perguruan Tinggi, UHO dan PPNP Raih Juara 1 Kompetisi Esai Nasional

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Sisihkan 14 Perguruan Tinggi, UHO dan PPNP Raih Juara 1 Kompetisi Esai Nasional
Riska dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dan Siti Nur Syafika dari UHO Kendari menjadi pemenang pada kompetisi esai nasional. Foto: Erni Yanti/Telisik

" UHO Kendari dan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) berhasil merebut juara 1 pada kompetisi esai perikanan dan esai kelautan tingkat nasional "

KENDARI, TELISIK.ID -  Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) berhasil merebut juara 1 pada kompetisi esai perikanan dan esai kelautan tingkat nasional.

Dua perguruan tinggi ini menyisihkan beberapa perguruan tinggi di tahap grand final, 4 di antaranya adalah Universitas Halu Oleo (UHO), Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar).

Penilaian grand final yang digelar di Hotel Claro Kendari, Rabu (31/5/2023), tentu berbeda dan lebih ketat. Dimulai saat mengumpulkan esai, penentuan topik, sumber data informasi, penguasaan materi dan performa tampilan.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO, Dr. Asriyana mengungkapkan bahwa dari proses penilaian, yang memenuhi kriteria juara kelautan dan perikanan sudah bisa diketahui.

Baca Juga: Tim Elektrobot UHO Kendari Siap Ikut Kontes Robot di Semarang

"Mereka yang mendapatkan juara 1 perikanan dan kelautan telah memenuhi kriteri tahapan penilaian. Namun tidak menjadi soal antara kalah dan menang, yang terpenting adalah silaturahmi," ungkap Asriyana.

Pemenang juara 1 kelautan dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Riska mengungkapkan, setelah melewati beberapa tahapan, dia bersyukur bisa mendapat juara pada kompetisi ini.

"Karena dari tahap awal memang prosesnya sudah kami lewati dan Alhamdulilah tidak menghianati hasil," ungkap Riska.

Baca Juga: Mahasiswa UI Ciptakan Parfum 1.000 Aroma

Beberapa peserta kompetisi esai berharap agar ide terobosan yang diangkat dalam lomba ini dapat dikembangkan melalui pembinaan.

Untuk juara 1 perikanan direbut oleh Siti Nur Syafika dari UHO Kendari. Dia mengungkapkan, memang tidak mudah melewati proses tahapan dengan melalui berbagai kajian dan konsultasi pada pembimbing mengenai tema yang diangkat.

"Iya Alhamdulilah di sela-sela kesibukan kami melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami bisa tetap fokus mengikuti kompetisi hingga ke tahap ini," tutur Siti Nur Syafika. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga