Sistem Pendeteksi Asteroid China Terget Selesai 2025

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Sistem Pendeteksi Asteroid China Terget Selesai 2025
Fase baru asteroid sekarang sedang dibangun sekitar 25 antena radar, masing-masing dengan diameter 30 meter yang direncanakan selesai pada tahun 2025. Foto: Repro Beningnews.com

" Pembangunan sistem pendeteksi asteroid China memasuki tahap konstruksi baru setelah fase pertama selesai pada Desember 2022 "

CHONGQING, TELISIK.ID - Pembangunan sistem pendeteksi asteroid China memasuki tahap konstruksi baru setelah fase pertama selesai pada Desember 2022 lalu.

Fase pertama terdiri dari empat radar berdiameter 16 meter di dekat Chongqing di barat daya China. Proyek "China Compound Eye" atau Fuyan akan membuat jaringan antena radar yang akan memantulkan sinyal radar dari objek yang jauh untuk mencitrakan dan melacak asteroid.

Fuyan juga menentukan apakah asteroid dapat mengancam bumi atau tidak. Para ilmuwan kemudian mem-ping sinyal dari bulan untuk memverifikasi kelayakan sistem dan teknologi utamanya.

“Setelah konstruksi tahap kedua selesai, kami akan dapat mengamati asteroid dengan diameter hanya puluhan meter sejauh 10 juta kilometer,” kata Zeng Tao, Wakil Direktur Institut Riset Teknologi Radar di bawah Institut Teknologi Beijing dikutip dari laman Sindonews.com, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: NASA Temukan Asteroid Raksasa Mendekati Bumi, Manusia Diimbau Waspada

Melansir Antariksa.republika.co.id, fase baru sekarang sedang dibangun sekitar 25 antena radar, masing-masing dengan diameter 30 meter. Pekerjaan tersebut diharapkan selesai pada tahun 2025.

Fase ketiga kemudian akan dimulai untuk memperluas jangkauan deteksi Fuyan hingga 150 juta km. Proyek ini menggunakan beberapa larik yang lebih kecil untuk mensimulasikan sistem apertur yang lebih besar untuk memungkinkan deteksi ruang dalam.

Baca Juga: Berpotensi Berbahaya, Asteroid Ini Bakal Lewati Bumi Awal April 2022

Hal ini akan memungkinkan pendeteksian ruang angkasa bagian dalam. Administrasi Luar Angkasa Nasional China mengatakan, mereka sedang mengerjakan rencana pertahanan bumi.

Cakupan pelacakan objek dekat planet dan meluncurkan uji defleksi asteroid yang mirip dengan misi DART NASA dalam beberapa tahun mendatang. Proposal lain untuk kemampuan pelacakan asteroid China termasuk mengirimkan konstelasi satelit ke orbit mirip venus. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga