Skrining di Pintu Masuk Pelabuhan Tobaku Kolut Diperketat

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 23 Maret 2020
0 dilihat
Skrining di Pintu Masuk Pelabuhan Tobaku Kolut Diperketat
Posko skrining kesehatan Gugus Satgas COVID-19 Pelabuhan Penyeberangan Tobaku-Siwa, Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Ini salah satu ikhtiar meminimalisir perkembangan COVID-19 dan skrining yang dilakukan juga, sebagai bentuk deteksi dini untuk mengetahui kondisi kesehatan penumpang. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui tim Gugus Satuan Tugas  (Satgas) COVID-19 Kolut, semakin memperketat skrining kesehatan bagi penumpang kapal feri asal pelabuhan Bansalae, Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebelum melanjutkan perjalanan ketempat tujuan mereka di Kolut.

Berdasarkan pantauan telisik.id di Posko pencegahan, pemantauan, dan pengendalian COVID-19 Pelabuhan Tobaku-Siwa, Minggu (22/3/2020), tampak ratusan penumpang KMP New Rose yang baru turun dari kapal, langsung menyusuri jalur antrian menuju posko hand sanitizer sebelum masuk ke pos skrining kesehatan dengan pengawasan ketat pihak TNI dan kepolisian serta tim Gugus Satgas COVID-19.

Sementara itu, penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat serta sopir truk mendapat pengarahan khusus menuju posko yang berada tepat di teras kantor P3K untuk melakukan skrining kesehatan.

Salah satu Tim Gugus Satgas COVID-19 Pelabuhan Penyeberangan Tobaku-Siwa, H. Samsuddin, S.Km mengungkapkan, tindakan yang dilakukan oleh tim Gugus Satgas COVID-19 Kolut khususnya di pelabuhan penyeberangan Tobaku-Siwa, merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah penyebaran COVID-19, terlebih lagi penumpang yang masuk ke Kolut melalui jalur pelabuhan ini bisa jadi berasal dari daerah yang saat ini terjangkit COVID-19.

"Ini salah satu ikhtiar meminimalisir perkembangan COVID-19 dan skrining yang dilakukan juga, sebagai bentuk deteksi dini untuk mengetahui kondisi kesehatan penumpang," kata Samsuddin.

Selain skrining lanjutnya, hari ini tim gugus satgas COVID-19 juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk kendaraan roda empat baik kendaraan pribadi maupun truk.

"Hari ini tim satgas juga, melakukan penyomprotan kendaraan roda empat dan truk dengan disinfektan," terangnya.

 

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin

Baca Juga