Soal Pelaksanaan Idul Fitri, Ini imbauan MUI Sikka bagi umat Muslim

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 12 Mei 2021
0 dilihat
Soal Pelaksanaan Idul Fitri, Ini imbauan MUI Sikka bagi umat Muslim
Ketua MUI Sikka, Ikhsan Wahab. Foto: Ist.

" Berdasarkan SE Bupati dan Kementerian Agama itu, maka kita diminta untuk melaksanakan salat Idul Fitri di masing-masing wilayah dengan tetap melaksanakan protokoler kesehatan "

SIKKA, TELISIK.ID - MUI Kabupaten Sikka imbau umat muslim dan pengurus masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri di masjid masing-masing  dan tidak diperkenankan untuk melaksanakan pawai malam takbiran.

Ketua MUI Kabupaten Sikka, H. M. Iksan Wahab mengatakan, hal tersebut dalam rangka memutuskan mata rantai penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Imbauan ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Agama RI dan Surat Edaran Bupati Sikka tentang pencegahan COVID-19.

Baca Juga: Hilal Awal Syawal 1442 Hijriah Tidak Terlihat di Indonesia, Ini Penjelasan Kemenag

"Berdasarkan SE Bupati dan Kementerian Agama itu, maka kita diminta untuk melaksanakan salat Idul Fitri di masing-masing wilayah dengan tetap melaksanakan protokoler kesehatan" tutur Ikhsan kepada awak media, Selasa (11/05/2021)

Untuk implementasi lebih lanjut, pihaknya akan mengadakan rapat bersama segenap ketakmilan masjid, PHBI, dan pihak kepolisian untuk memutuskan pelaksanaan salat Idul Fitri tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan satgas COVID-19 Kabupaten Sikka untuk mempersiapkan jalannya salat Idul Fitri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumunan.

Bahkan ia menyarankan untuk tidak open house atau silaturahmi. Jika ada yang mau ucapkan selamat hari raya mungkin bisa pakai telepon atau WhatsApp. Hal ini untuk menjaga penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Hilal Tak Tampak, Pemerintah Putuskan Idul Fitri Kamis 13 Mei

Sejauh ini, tambah dia, pihaknya sementara mencari tempat dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meminta lapangan atau tempat yang sedikit lebih luas untuk pelaksanaan salat Idul Fitri bagi umat muslim di wilayah Kota Uneng.

"Mengingat halaman masjid di wilayah tersebut tidak begitu luas dan kemungkinan tidak bisa menampung seluruh umat muslim di wilayah tersebut pada saat pelaksanaan salat Idul Fitri, maka kami akan berupaya untuk mencari tempat luas," ungkapnya. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga