Mahasiswi Asal Wakatobi Lolos Sekolah Duta Maritim Indonesia 2023

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Kamis, 10 Agustus 2023
0 dilihat
Mahasiswi Asal Wakatobi Lolos Sekolah Duta Maritim Indonesia 2023
Novia Jushu Ramadhani, mahasiswi asal Wakatobi yang lolos jadi finalis di ajang Sekolah Duta Maritim Indonesia perwakilan Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Mahasiswi asal Wakatobi, Novia Jushu Ramadhani, terpilih mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) Angkatan 3 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Mahasiswi asal Wakatobi yang tengah menempuh pendidikan di Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Makassar, Novia Jushu Ramadhani, terpilih mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI).

Para finalis Sekolah Duta Maritim Indonesia sebelumnya telah melewati 2 (dua) tahap seleksi, yaitu administrasi dan wawancara. Hingga kemudian terpilih 100 finalis dari 651 pendaftar.

Novia Jushu Ramadhani menuturkan, sebelum dinyatakan lolos terpilih mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia, ia telah melalui beberapa tahapan seleksi. Mulai dari seleksi berkas, pembuatan essay, video vlog tentang potensi daerah Wakatobi, hingga seleksi wawancara.

"Saya ingin menginspirasi banyak orang. Terutama generasi muda untuk menyadari potensi maritim kita, pentingnya praktik maritim yang berkelanjutan dan konservatif. Melalui Sekolah Duta Maritim Indonesia, saya berkesempatan untuk mempromosikan potensi maritim, salah satunya pariwisata Wakatobi," ujarnya kepada Telisik.id, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga: Ini Dia Duta Pariwisata Muna Barat, Terus Dikontrol Etika dan Mentalnya

Novia menambahkan, dengan mengikuti SDMI ia berharap dapat memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, dan dedikasinya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya potensi industri maritim.

Novia Jushu Ramadhani pernah mengeyam pendidikan di MTsN 1 Wakatobi. Salah seorang guru MTsN 1 Wakatobi, Nasruddin Firdaus menuturkan, Novia Jushu Ramadhani lolos menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara khususnya Wakatobi, menjadi kebanggaan tersendiri. Ia menambahkan, selama menjadi muridnya, Novia sangat aktif dan berprestasi.

"Di mata saya sebagai pengajar. Novia semasa menjadi murid MTsN 1 Wakatobi merupakan siswi yang cerdas, humble, attitudenya baik, berprestasi dan aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler," ujarnya.

Baca Juga: Putra-Putri Buton Utara akan Wakili Sulawesi Tenggara Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023

Novia Jushu Ramadhani menjadi salah satu dari tiga perwakilan Sulawesi Tenggara di ajang Sekolah Duta Maritim Indonesia. Dan ia menjadi satu-satunya perwakilan yang berasal dari Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi pada SDMI tahun 2023.

Melansir kompasiana.com, SDMI pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021, kemudian tahun 2022, dan berlanjut ke tahun ini, 2023. SDMI telah menjadi agenda tahunan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) yang pelaksanaannya dirangkaikan juga dengan HUT ASPEKSINDO setiap bulan Agustus.

Sekolah Duta Maritim Angkatan 3 tahun ini bertema "Maritim Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju", bertujuan untuk menyatukan visi dan misi generasi muda Indonesia dalam menjaga dan membangun kemaritiman yang bermartabat. Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) Angkatan 3 ini akan berlangsung di Kantor Badan Penghubung Provinsi Kalimantan Timur mulai tanggal 11 Agustus hingga 17 Agustus 2023. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga