Sri Mulyani Sebut Sisi Produksi dan Konsumsi Alami Titik Balik Pemulihan

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 06 November 2020
0 dilihat
Sri Mulyani Sebut Sisi Produksi dan Konsumsi Alami Titik Balik Pemulihan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ist.

" Kalau dari sisi produksi, turning point atau titik balik pemulihan ekonomi juga terlihat di kuartal ke-3 ini. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski Indonesia mengalami resesi, namun Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengklaim pada kuartal III 2020, titik balik sisi produksi sudah mengalami pemulihan.

“Kalau dari sisi produksi, turning point atau titik balik pemulihan ekonomi juga terlihat di kuartal ke-3 ini," kata Sri Mulyani pada konferensi pers di Jakarta terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya hampir semua sektor mengalami perbaikan. Artinya, di kuartal ke-3 ini, the worst is over atau hal yang paling buruk yang terjadi di kuartal kedua sudah kita lewati dan sekarang kita di tahap pemulihan.

Begitu pula dari sisi konsumsi, ia menjelaskan belanja pemerintah dalam APBN sebagai strategi countercyclical, berkontribusi memulihkan ekonomi di kuartal ketiga untuk komponen belanja pemerintah, konsumsi rumah tangga lewat bantuan sosial (bansos), dan subsidi serta komponen investasi lewat belanja modal.

Baca juga: 9,77 Juta Orang di Indonesia Jadi Pengangguran Karena COVID-19

Sebagai instrumen countercyclical, instrumen APBN telah memberikan hasil yang signifikan dari pertumbuhan belanja pemerintah di kuartal ketiga.

Belanja negara memberi kontribusi pemulihan pertumbuhan ekonomi dalam komponen konsumsi pemerintah. Namun, pemerintah juga berkontribusi dalam komponen konsumsi rumah tangga, melalui belanja bansos dan subsidi. Belanja negara dalam bentuk belanja modal memberikan kontribusi dalam komponen investasi.

"Inilah peranan kritikal APBN untuk memulihkan permintaan baik dari jalur konsumsi melalui bansos, konsumsi pemerintah sendiri maupun jalur mendongkrak investasi,” jelasnya. (C)

Foto: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga