Blocks Mart, Galeri UMKM Pertama di Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 29 Maret 2022
0 dilihat
Blocks Mart, Galeri UMKM Pertama di Kendari
Galeri UMKM Blocks Mart yang berada di Jalan D.I. Panjaitan, Kelurahan Lepo-Lepo, Kendari. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Berawal dari jiwa wirausaha yang dimiliki, beberapa pelaku usaha yang tergabung dalam Alumni Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) II membangun Galeri UMKM Bloks Mart "

KENDARI, TELISIK.ID - Berawal dari jiwa wirausaha yang dimiliki, beberapa pelaku usaha yang tergabung dalam Alumni Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) II membangun Galeri UMKM Bloks Mart.

Blocks Mart merupakan ruang kreatif dan pameran produk UMKM Sulawesi Tenggara yang telah terakurasi secara ketat untuk menjamin kelayakan dan juga mencerminkan kearifan lokal Bumi Anoa yang dipadukan dengan konsep galeri modern sehingga mampu memberi rasa nyaman dan sangat menarik bagi pengunjung.  

Berdiri sejak Februari 2022 di Jalan D.I Panjaitan, Kelurahan Lepo-Lepo samping Rumah Sakit Hati Mulia ini sudah memiliki beberapa jenis produk yang terdiri dari olahan pangan, kain tenun dan craft.

"Berdirinya ini sejak satu bulan yang lalu," ujar Susyster Desdatu Deswita, Manager Blocks Mart pada Telisik.id, Selasa (29/3/2022).

Walaupun sudah berdiri sejak sebulan yang lalu, produk-produk yang ditampilkan di galeri ini cukup beragam mulai dari aneka pangan, seperti kopi, snack, bumbu dapur, juga terdiri dari beberapa jenis craft buatan tangan hingga kain tenun lokal khas.

Baca Juga: Produk Lokal Olahan Masyarakat Ramaikan Expo UMKM Wakatobi Wave

"Ini cukup beragam produknya, karena masih baru dan kita belum grand-opening sebenarnya, masih kita tunggu dari gubernur atau wakilnya untuk meresmikan Galeri UMKM ini," ujarnya.

Galeri UMKM ini sendiri terdiri dari 14 founder Blocks Mart yaitu : SDWR Tailor, Waode Production, Arentim, Chacky Food, Boluna Food, Kurnia wisuda Kendari, MCJ (Magic Clams Jamiaddin), Bumbu Elsa, Mega Commodity Indonesia, Kamoohu, Cornnah, Makeza food, Haji Ali Coffe, dan Mojachi.

"Ini usaha UMKM bersama 14 founder yang masing-masing berada di 17 kabupaten/kota se-Sultra," ungkapnya.

Baca Juga: Indodax Terima Penghargaan Patuh Pajak dari DJP Kementerian Keuangan

Blocks Mart sendiri adalah kepanjangan dari Brand Lokal Kreatif Sultra (Blocks). Produk UMKM ini juga merupakan produk lokal yang terdiri dari 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Produk UMKM yang ada di sini selain terjamin kualitasnya juga sudah memiliki izin edar," ujar Muhammad Iccung, salah satu founder Galeri UMKM Blocks Mart.

Selain itu, dia juga mengatakan jika Blocks Mart memiliki beragam produk-produk lokal Khas Sultra serta memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh para pelancong domestik maupun internasional karena berada tepat di jalur utama kedatangan menuju pusat ibu kota. (B)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga