Stok Bahan Pangan di Kota Kendari Aman Hingga Bulan Ramadan

Muh. Sabil, telisik indonesia
Kamis, 18 Februari 2021
0 dilihat
Stok Bahan Pangan di Kota Kendari Aman Hingga Bulan Ramadan
Dinas Ketahanan Pangan terus melakukan pemantauan harga dan stok pangan di sejumlah pasar di Kota Kendari. Foto: Muh. Sabil/Telisik

" Dinas Pangan Kota Kendari menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Kendari, apalagi saat memasuki bulan Ramadan di April mendatang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, ketersediaan pangan dan stabilitas harga menjadi hal prioritas dan penting.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Katahanan Pangan Kota Kendari, Arianti Patiung mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan harga dan stok pangan di sejumlah pasar di Kota Kendari.

Dia menilai, saat ini ketersediaan bahan  pangan masyarakat tetap terjaga dengan baik. Sehingga masyarakat Kendari tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pangan, semuanya masih aman dan terkendali.

“Dinas Pangan Kota Kendari menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Kendari, apalagi saat memasuki bulan Ramadan di April mendatang," jelas Arianti, Kamis (18/2/2021).

Berdasarkan hasil pantauan Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari sampai bulan Februari ini, stok pangan di pasar dan sejumlah minimarket masih aman, bahkan hingga memasuk bulan puasa nanti.

Baca juga: Disebut Terpapar COVID-19, Hado Hasina: Jangan Ngarang

"Kami pastikan kebutuhan pokok masyarakat Kendari terpenuhi dengan baik," lanjutnya.

Namun 90 persen kebutuhan konsumsi pangan masyarakat Kota Kendari dipasok dari luar daerah, terutama dari Konawe Selatan, Konawe dan Sulawesi Selatan. Kebutuhan pangan yang dipasok dari luar mulai beras, sayur-mayur, hingga bumbu dapur (bawang putih dan bawang merah).

Hal tersebut disebabkan karena Kota Kendari belum mampu menghasilkan sendiri sejumlah kebutuhan pangan, apalagi kondisi lahan pertanian yang terbatas dan masih dalam skala kecil.

"Kalau pun ada, masyarakat Kendari yang menanam sendiri itu masih terbatas pada penggunaan pribadi, belum mampu untuk dipasarkan secara umum guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Karena itu, ketergantungan akan pasokan dari daerah lain sangat besar," tambahnya.

Untuk itu Dinas Pangan Kota Kendari mengingatkan masyarakat bahwa kekurangan stok pangan dan melonjaknya harga sewaktu-waktu bisa terjadi kapan saja.

Sebab itu, masyarakat diharapkan harus siap dengan keadaan tersebut dan mampu untuk mencari solusi lain. Di antaranya adalah memanfaatkan lahan pekarangan yang terbatas atau menggunakan media polibag guna mengembangkan tanaman hidroponik seperti sayur-sayuran, buah, dan lainnya. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga