Suasana Hari Nyepi di Ngkaring-Ngkaring Kota Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
0 dilihat
Suasana Hari Nyepi di Ngkaring-Ngkaring Kota Baubau
Suasana Pura Puseh di Kelurahan Ngkaring-Ngkaring Kecamatan Bungi, Kota Baubau. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Seperti halnya masyarakat yang menganut agama Hindu yang ada di wilayah lain di Republik Indonesia dalam merayakan hari raya Nyepi "

BAUBAU, TELISIK.ID - Seperti halnya masyarakat yang menganut agama Hindu yang ada di wilayah lain di Republik  Indonesia dalam merayakan hari raya Nyepi.

Warga yang beragama Hindu disalah satu  kelurahan di Kota Baubau juga masih sementara melaksanakan ritual Nyepi dalam rangka menyambut hari raya sakral sesuai kepercayaan yang mereka anut.

Pantauan telisik.id, di Kelurahan Ngkaring-Ngkaring Kecamatan Bungi, Kota Baubau, nampak suasana hening dan sepi sedang berlangsung di lingkungan yang sebagian masyarakatnya beragama Hindu.

Dari penuturan warga setempat, ritual agama tersebut akan berlangsung selama dua hari yang dimulai dari Rabu (2/3/2022) kemarin.

Baca Juga: Wabup Muna Tekankan Pejabat Jangan Timbulkan Masalah di Pengelolaan Keuangan

"Kami sementara melakukan puasa dan sebentar malam lampu semua akan dipadamkan, serta besok pagi akan ada ritual oleh tokoh agama Hindu setempat di sebuah pura," tutur Made Sukening Kamis (3/3/2022).

"Di perayaan hari raya Nyepi sebelumnya biasanya ada festival agama yang diadakan, tapi karena pandemi COVID-19 maka festival itu sudah dua tahun tidak ada lagi," lanjutnya.

Baca Juga: Terlahir Kelainan, Nur Butuh Uluran Tangan

Senada dengan itu, Wayan salah satu masyarakat Hindu lainnya juga mengatakan, mereka masih sementara melakukan ritual puasa dalam menyambut hari raya Nyepi.

"Dan akan berlangsung normal kembali seperti biasanya pada besok hari, setelah pelaksanaan ritual agama di pura oleh tokoh agama setempat," bebernya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

Baca Juga