Aksi Bersih Pantai, Upaya Masyarakat Pesisir Kabupaten Buton Tangani Sampah

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
Aksi Bersih Pantai, Upaya Masyarakat Pesisir Kabupaten Buton Tangani Sampah
Membersihkan pantai menjadi budaya bagi masyarakat pesisir Kelurahan Kambula-bulana, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, ini menjadi upaya masyarakat dalam menciptakan lingkungan pantai yang bebas sampah. Foto Febriyani/Telisik

" Masyarakat pesisir di Kelurahan Kambula-bulana, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton meyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan pantai "

BUTON, TELISIK.ID - Masyarakat pesisir di Kelurahan Kambula-bulana, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton meyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan pantai.

Pantai Gazebo yang berada di lokadi itu menjadi salah satu pantai yang bebas dari limpah plastik dan sampah organik.

Pasalnya, stiap harinya akan ada sejumlah orang yang memungut limbah plastik, maupun sampah organik yang berserakah di sekitaran pantai.

"Kami masyarakat di sini selalu membersihkan pantai ini. Mayoritas dari kami para nelayan. Pulang dari melaut kami pingut-pungut saja sampah yang ada. Anak-anak juga ikut membantu membersihkan," jelas seorang warga sekitar, Erik, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Cuaca Tidak Stabil, Nelayan di Teluk Pasarwajo Keluhkan Tangkapan Makin Menurun

Kegiatan itu menjadi inisiatif masyarakat setempat, agar lingkungan area pantai terlihat bersih sehingga orang-orang merasa nyaman ketika berkunjung ke pantai itu.

"Membersihkan area pantai Gazebo merupakan inisiatif masyarakat setempat. Mereka sangat perduli akan lingkungan pantai. Setiap hari selalu gotong royong membersihkan pantai. Itu tanpa ada dorongan dari pihak manapun," ungkap Lurah Kambula-bulana, Fardyana Fanny.

Fardyana menambahkan, pantai Gazebo diharapkan menjadi salah satu ikonik di Keluarahan Kambula-bulana. Terlebih pemerintah daerah melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman akan melakukan penataan area kumuh dengan konsep street foot di Kecamatan Pasarwajo, salah satu sasaranya pelataran pantai tersebut.

Baca Juga: Cegah Insiden Siber, Pemkab Buton Bentuk Butonkab-CSIRT

Pantai Gazebo ini menjadi tempat bersantai masyarakat setempat. Bukan saja para muda-mudi, para nelayan pun kerap kali menghabiskan waktu senjangnya di pantai itu.

"Kami biasa nongkrong di sini, apalagi di sore hari. Nanti di sini juga akan di buat kedai-kedai di pelataran ini. Akan banyak yang akan berkunjung  ke sini," jelas salah satu remaja yang sedang nokrong di pantai, Fira.

Angin yang sejuk, dan lingkungan yang asri serta pemandangan teluk Pasarwajo yang indah menambah nilai estetika di pantai ini. Ditambah perahu nelayan yang berlabu seolah berpacu dengan ombak yang melaju. Sungguh sangat memanjakan mata. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga