Suka Bangun Siang? Kenali Efek Negatifnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 07 Maret 2021
0 dilihat
Suka Bangun Siang? Kenali Efek Negatifnya
Bagi Anda yang memiliki kegemaran bangun kesiangan harus lebih waspada lagi. Bangun kesiangan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Foto: Repro Google.com

" Bagi Anda yang memiliki kegemaran bangun kesiangan harus lebih waspada lagi. Bangun kesiangan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Istirahat alias tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh manusia. Namun, ada kalanya ia akan memberikan efek buruk bagi kesehatan, khususnya jika keseringan bangun siang.

Bagi Anda yang memiliki kegemaran bangun kesiangan harus lebih waspada lagi. Bangun kesiangan ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Melansir GueSehat.com, Berikut efek negatif bangun siang:

1. Mengganggu Metabolisme

Jika bangun kesiangan dan waktu tidur menjadi terlalu lama, bisa membuat tubuh kehilangan ritme kerjanya. Biasanya, seseorang akan cenderung mudah lapar dan menambah porsi makannya. Jika sudah seperti itu, berat badan pun bisa saja naik dan akan kelihatan kegemukan.  

Baca juga: 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, dari Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Kelahiran Prematur

2. Lesu

Pasti hampir semua mengalami kondisi ketika setelah bangun tidur, badan akan terasa sangat lemas. Biasanya jika sudah seperti ini, Anda akan malas untuk melakukan aktivitas apapun.

Hal ini terjadi karena sistem metabolisme tubuh masih bekerja dalam mode malam hari, jadi masih perlu beradaptasi dulu sebelum bisa berfungsi dengan normal.

3. Disorientasi

Kelamaan tidur bikin tubuh kita jadi disorientasi, akibatnya jadi susah buat konsentrasi. Kecuali kalau kita bangun langsung olahraga. Namun kecil kemungkian seseorang bisa bergairah kalau baru bangun siang.

4. Pusing

Cairan Serebrospinal bergerak ke otak ketika kita sedang tidur dan kalau kita kelamaan tidur berarti semakin banyak cairan ini yang masuk ke otak. Kalo sudah kebanyakan bisa membuat kepala menjadi sangat sakit bahkan parahnya bisa membuat buta, minimal penglihatan terganggu.

5. Kehilangan Waktu Produktif

Akibat negatif bangun siang yang sudah pasti ini, tidak perlu dijelasin lagi. Kalau kelamaan tidur otomatis hilang banyak waktu yang sebenarnya bisa dipakai untuk hal lain yang lebih penting. Makanya, jangan begadang terlalu malam supaya bisa bangun pagi.

Kebiasaan bangun siang memiliki efek negatif yang sangat merugikan diri sendiri bukan? Mulai sekarang biasakan untuk bangun lebih pagi sehingga lebih produktif untuk menjalani aktivitas sehari-hari. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga