Suka Berwisata? Jangan Lewatkan Permandian Tee Wali dan Hendaopa di Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 26 Juni 2021
0 dilihat
Suka Berwisata? Jangan Lewatkan Permandian Tee Wali dan Hendaopa di Wakatobi
Resort di Wakatobi. Foto: Repro deeperblue

" Kedua pemandian ini menjadi destinasi alternatif bagi para wisatawan yang ingin menikmati waktu libur dan rehat sejenak dari aktifitas "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi tak hanya menyimpan pesona bawah air saja, tapi juga surga bagi para petualang untuk lebih dekat dengan alam.

Salah satu spot wisata alam yang harus traveler singgahi saat berkunjung ke Wakatobi adalah pemandian alam Tee Wali dan Hendaopa yang terletak di Pulau Tomia.

Ketika akhir pekan para wistawan atau warga lokal akan berbondong-bondong ke tempat ini untuk menikmati kesegaran airnya.

Kedua pemandian ini menjadi destinasi alternatif bagi para wisatawan yang ingin menikmati waktu libur dan rehat sejenak dari aktifitas.

Objek Wisata Hendaopa

Permandian Hendaopa di Pulau Tomia, Wakatobi. Foto: Ist.

 

Pemandian alam Hendaopa ini sebenarnya tak lain adalah sebuah kolam air tawar alami yang jernih. Konon katanya, kedalamannya hingga 8 meter, namun hal itu tidak menyurutkan masyarakat sekitar untuk berenang dan bermain air.

Jika dilihat, pemandian Hendaopa menyerupai mulut gua bawah air. Tak aneh jika kolam alam ini memiliki kedalaman hingga beberapa meter karena mulai digemari oleh warga sekitar, pemandian Hendaopa kini mulai ditata.

Baca Juga: Berkunjung ke Wisata Mistis, Taman Batu Tanduna Kepulauan Binongko

Setidaknya sudah ada beberapa petunjuk yang memberi informasi arah menuju ke pemandian ini. Bahkan beberapa papan petunjuk dilengkapi dengan kalimat-kalimat yang cukup menghibur.

Pemandian alam Hendaopa juga sudah dilengkapi dengan sebuah jembatan warna-warni yang menghubungkan masing-masing sisinya, sehingga wisatawan bisa sekadar berfoto diatas jembatan ini.

Selain itu, ada kegiatan lain yang sering dilakukan dari atas jembatan ini. Agak ekstrim memang, namun dari atas jembatan ini wisatawan bisa melompat dan langsung masuk ke kolam alam yang ada di bawahnya.

Keseruan ini pun diraskan oleh para penikmat wisata asal desa tetangga yang rela berpanas-pannasan untuk sekedar menikmati kesejukan pemandian ini.

“Saya berkunjung ke tempat ini kurang lebih lima kali, hal yang menarik dari tempat ini adalah airnya yang menyejukan. Kita dapat puas berenang karena airnya yang dalam, yang menariknya lagi sudah dibuat jembatan yang menambah kasyikan bila melompat” ungkap Nur Said, salah satu wisatawan setempat.

Objek Wisata Tee Wali

Goa permandian Tee Wali di pulau Tomia, Wakatobi. Foto: Ist.

 

Sementara itu, pemandian Tee Wali merupakan dasar goa yang terdapat air tawar yang jernih. Air ini menutupi dasar goa dengan kedalaman 4 Meter.

Ketinggian air dipengaruhi oleh kondisi pasang surut air laut. Kondisi ini dapat diasumsikan bahwa terdapat sebuah saluran alami di bawah goa yang terhubung dengan air laut.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Wajib Berwisata ke Pulau Sawa Wakatobi

Kondisi di sekitar goa sangatlah rimbun dan sejuk. Maklumlah keberadaan air di dalam goa sangat mempengaruhi ekosistem sekitar.

Sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya yang disuguhi hawa panas. Meski demikian, bagi Anda penggila wisata alam, hawa panas sudah menjadi tantangan tersendiri untuk kesempurnan cerita petualangan.

Seperti yang dirasakan pengunjung lain, seorang traveler asal Tomia membagikan pengalamannya ketika berkunjung ke pemandian ini.

“Berbeda dengan dulu, sekarang Tee wali sudah semakin berkembang dan lebih safety lagi untuk setiap pengunjung karena sudah diberi pagar keliling yang kokoh," ungkap Nina Nurrahmah salah satu hijab traveler asal Wakatobi.

"Juga sudah ada tangga menuju goa pemandian yang airnya dingin, segar, dan jernih banget,” sambungnya. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga