Suka Makanan Berminyak? Ini 10 Dampak Buruk Jika Keseringan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 13 September 2022
0 dilihat
Suka Makanan Berminyak? Ini 10 Dampak Buruk Jika Keseringan
Keseringan konsumsi makanan berminyak berakibat buruk bagi kesehatan. Foto: Repro Pulse.com

" Makanan berminyak berkandungan lemak tinggi. Jenis lemak pada makanan ini biasanya juga merupakan lemak “jahat” yang merugikan kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Makanan berminyak seringkali terlihat lezat dan menggiurkan untuk segera disantap. Makanan berminyak biasanya ditemukan pada makanan cepat saji, pusat jajanan, kaki lima, hingga dapur rumah sendiri.

Namun, di balik kenikmatannya, makanan berminyak menyimpan dampak negatif.

Dikutip hellosehat.com, makanan berminyak berkandungan lemak tinggi. Jenis lemak pada makanan ini biasanya juga merupakan lemak “jahat” yang merugikan kesehatan.

Jika Anda hanya mengonsumsinya sesekali dalam sebulan, mungkin tidak akan muncul masalah pada tubuh Anda. Namun, dalam jumlah banyak atau jangka panjang, minyak pada makanan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Melansir Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 dampak buruk sering mengonsumsi makanan berminyak:

1. Sebabkan kembung, sakit perut dan diare

Di antara makronutrien penting, karbohidrat, lemak, dan protein, lemak adalah yang paling lambat dicerna. Karena makanan berminyak mengandung banyak lemak, mereka memperlambat pengosongan perut.

Ini membuat makanan menghabiskan lebih banyak waktu di perut yang dapat menyebabkan kembung, mual, dan sakit perut. Pada orang dengan kondisi pencernaan tertentu, makanan ini dapat memperburuk gejala seperti kram dan diare.

2. Mengganggu keseimbangan bakteri usus

Makanan berminyak diketahui dapat merusak bakteri sehat yang hidup di usus. Bakteri usus yang sehat dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL yang melindungi jantung.

Bakteri usus berperan penting dalam memecah serat untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Asam ini memiliki efek anti-inflamasi dan dapat melindungi terhadap gangguan pencernaan. Bakteri usus juga membantu meningkatkan imunitas. Ketidakseimbangan bakteri usus juga dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

3. Sebabkan obesitas

Makanan berminyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena jumlah kalorinya yang tinggi. Ini disebabkan oleh minyak trans dalam makanan berminyak.

Baca Juga: Awas, 5 Dampak Buruk Saat Kebanyakan Tidur

Obesitas dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan negatif, termasuk penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker tertentu.

4. Picu stroke dan penyakit jantung

Makanan berminyak memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan jantung. Sering mengonsumsi gorengan telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, penurunan HDL (kolesterol baik), dan menyebabkan peningkatan berat badan dan obesitas.

Kondisi ini menyebabkan timbunan lemak yang menghalangi aliran darah melalui arteri. Pada akhirnya efek ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer.

5. Tingkatkan risiko diabetes

Makanan berminyak dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Mengonsumsi makanan cepat saji, yang tidak hanya mencakup makanan berminyak tetapi juga minuman manis, menyebabkan asupan kalori tinggi, penambahan berat badan, kontrol gula darah yang buruk, dan meningkatnya peradangan. Faktor-faktor ini kemudian meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

6. Sebabkan jerawat

Makanan berminyak terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan jerawat. Konsumsi minyak berlebih mampu memengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon yang dapat menyebabkan jerawat.

Asam lemak omega-6 adalah salah satu penyebab jerawat. Minyak yang digunakan dalam menggoreng makanan berminyak mengandung omega-6 tinggi dan karenanya dapat berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon.

7. Merusak fungsi otak

Pola makan yang kaya akan makanan berlemak dan berlemak dapat menyebabkan masalah dengan fungsi otak.

Penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik yang dikaitkan dengan makanan berlemak juga dikaitkan dengan kerusakan pada struktur otak dan jaringan. Makanan tinggi lemak trans juga telah dikaitkan dengan gangguan fungsi otak.

8. Masalah pernapasan

Kelebihan kalori dari makanan berminyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang mengarah pada obesitas. Obesitas meningkatkan risiko untuk masalah pernapasan, termasuk asma dan sesak napas.

Berat berlebih akan memberi tekanan pada jantung dan paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernapas saat berjalan, menaiki tangga, atau berolahraga.

Untuk anak-anak, risiko masalah pernapasan sangat jelas. Dilansir dari Healthline, studi menemukan bahwa anak-anak yang makan makanan cepat saji setidaknya tiga kali seminggu lebih mungkin untuk mengembangkan asma.

Baca Juga: Simak Cara Atasi Mata Minus dengan Daun Sirih

9. Kolesterol tinggi

Makanan berminyak mengandung lemak trans pemicu kolesterol tinggi. Lemak trans tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat, tetapi mereka juga menurunkan kadar kolesterol baik.

Ketika kolesterol menumpuk di arteri, kondisi ini dapat menghalangi aliran darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung, atau stroke.

10. Sebabkan dimensia

Makanan berminyak yang mengandung lemak trans berpotensi menyebabkan demensia. Studi menunjukkan sesorang dengan kadar lemak trans tertinggi dalam darah memiliki potensi 52–74% terkena penyakit dimensia.

Risiko ini semakin meningkat jika kebiasaan makan makanan berminyak disertai faktor lain seperti merokok, tekanan darah tinggi dan diabetes. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga