Suka Mandi Pagi Pakai Air Dingin? Ini 5 Manfaatnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 Februari 2022
0 dilihat
Suka Mandi Pagi Pakai Air Dingin? Ini 5 Manfaatnya
Mandi dengan air dingin akan memicu pelepasan hormon endorfin. Foto: Repro kaltimtoday.co

" Manfaat mandi pagi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tetapi juga baik untuk kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu rutinitas yang harus dilakukan setiap hari adalah mandi. Waktu yang baik untuk mandi adalah pagi hari.

Mengutip halodoc.com, mandi pagi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, tetapi juga membuat kamu lebih “hidup” dan bersemangat menghadapi hari.

Selain itu, mandi pagi bisa mempersiapkan diri untuk menerima tekanan yang dihadapi serta mengurangi peradangan kulit.

Manfaat mandi pagi tidak hanya membuat tubuh terasa segar, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Melansir alodokter.com, ada beragam manfaat mandi pagi yang bisa Anda peroleh jika dilakukan secara rutin:

1. Meredakan gejala depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit setiap 2–3 kali dalam seminggu, dipercaya dapat meringankan gejala depresi atau stres.

Ketika mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

2. Mengatasi susah bangun tidur

Bila Anda termasuk orang yang susah bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasinya.

Saat terkena suhu dingin, tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh langsung terjaga.

3. Melawan berbagai penyakit

Manfaat mandi pagi lainnya adalah merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. Leukosit berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

Dengan kata lain, mandi pagi bisa membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika mandi pagi dengan air dingin, tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu normal tubuh.

Baca Juga: Jangan Lupa Minum Air Putih Saat Bangun Tidur, Ini Manfaatnya

Jika dilakukan secara teratur, hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

5. Meringankan nyeri otot

Nyeri otot setelah olahraga atau menjalani aktivitas fisik tertentu merupakan hal yang umum dialami oleh hampir setiap orang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah mandi atau berendam menggunakan air dingin dengan suhu 10–15° Celsius selama 15 menit.

Tak hanya meredakan nyeri atau kaku otot setelah olahraga, berendam dalam air dingin juga dapat mencegah kulit dari kerusakan.

Jika ingin mendapatkan manfaat mandi pagi seperti di atas, perlu Anda ingat bahwa suhu air harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan sampai air terlalu dingin atau mandi terlalu lama karena bisa berdampak pada suhu normal tubuh dan berisiko menimbulkan hipotermia.

Baca Juga: 5 Manfaat Bangun Lebih Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beragam manfaat mandi pagi yang dapat Anda peroleh. Namun, bila Anda mengalami keluhan tertentu setelah mandi atau berendam dengan air dingin, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga