Sumur Tergenang Lumpur, Warga Terpaksa Beli Air Isi Ulang

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 14 Januari 2021
0 dilihat
Sumur Tergenang Lumpur, Warga Terpaksa Beli Air Isi Ulang
Rizal Arifin, warga Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari saat melihat sumurnya dipenuhi lumpur. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Persoalan hujan. Kita kan di sini hanya mengandalkan sumur gali, jadi ketika hujan datang, sumur itu terlihat kotor karena bercampur dengan lumpurnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat hujan deras, Warga di Kelurahan Andounohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, terpaksa membeli air isi ulang untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, sumur yang biasa mereka pakai untuk keperluan memasak dan air minum, kini tergenang lumpur dan tak layak konsumsi.

Salah satu warga di Kelurahan tersebut, Rizal Arifin membeberkan, akibat hujan yang sangat deras sepekan ini membuat sumur tergenang lumpur hingga terlihat sangat kotor.

"Persoalan hujan. Kita kan di sini hanya mengandalkan sumur gali, jadi ketika hujan datang, sumur itu terlihat kotor karena bercampur dengan lumpurnya," bebernya kepada Telisik.id, Kamis (14/01/2021).

Akibat sumur yang tidak bisa terpakai lagi, tambah Rizal, ia dan warga di sana terpaksa harus membeli air bersih isi ulang yang tidak sedikit harganya.

Baca juga: Vaksin Sudah Ada, Masyarakat Tetap Patuh Prokes COVID-19

Kemudian tambah pria yang berusia 23 ini, sumur yang tergenang lumpur tersebut hanya satu-satunya harapan warga.

"Sumur itu hanya satu-satunya yang kita harapkan bersama warga di sini, tapi ketika hujan turun kita tidak bisa lagi manfaatkan airnya. Jadi setengah mati kita ini," ungkap Rizal.

Selain itu, ia pun mengharapkan bantuan terhadap pemerintah setempat untuk mengatasi permasalahan yang mereka alami.

"Harapan saya mudah-mudahan ada bantuan sumur bor dari pemerintah, karena di sini banyak kepala rumah tangga yang tidak mendapatkan air bersih. Kurang lebih yang tidak mendapatkan sekitar sembilan kepala rumah tangga," pungkasnya. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga