Surga Tersembunyi, Air Terjun Kalata

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Minggu, 15 November 2020
0 dilihat
Surga Tersembunyi, Air Terjun Kalata
Bagian atas Air Terjun Kalata, Wolowa, Kabupaten Buton. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

" Airnya Bagus, bisa kita mandi di atas atau di bawah, pokoknya keren air terjun ini. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Siapa sangka jauh dari pusat keramaian kota, terdapat mutiara Tuhan yang tersembunyi. Yah, Di Desa Suka Maju Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, terdapat air terjun yang sangat indah, Air Terjun Kalata namanya.

Jika menggunakan kendaraan, hanya butuh waktu 30 menit dari pusat ibu kota Kabupaten Buton untuk sampai di surga yang tersembunyi ini. Dari desa pun, kita juga hanya perlu berjalan kaki selama 40 menit untuk sampai ke permandian tersebut.

 

Bagian bawah Air Terjun Kalata, Wolowa, Kabupaten Buton. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

 

Suasananya yang sejuk dan asri membuat siapa saja yang berkunjung di tempat tersebut akan betah berlama-lama.

Tempat ini, selain bagus untuk tempat rekreasi keluarga, juga sangat bagus untuk tempat berkemah bagi yang suka merasakan kehidupan liar.

Baca juga: Menikmati Telaga Air Panas Tahi Ite Bombana

Di sekeliling permandian ini juga kita disuguhkan hamparan hijau pohon-pohon yang menjulang tinggi, satwa seperti monyet kerap ditemui di sekitar permandian dan menambah keeksotikan area permandian ini.

Yang menarik dari air terjun Kalata ini ialah relief batu yang tertata rapi. Tumpukan batu tersebut nampak seperti susunan buku-buku di perpustakaan.

"Airnya Bagus, bisa kita mandi di atas atau di bawah, pokoknya keren air terjun ini," ucap Umang (24) salah satu pengunjung yang baru pertama ke sini. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga