Survei Parpol Jelang Pemilu 2024, PDIP Unggul Tipis dan Golkar Potensi 3 Besar di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 02 November 2023
0 dilihat
Survei Parpol Jelang Pemilu 2024, PDIP Unggul Tipis dan Golkar Potensi 3 Besar di Jawa Timur
Lembaga survei ARCI merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur terkait elektabilitas parpol dan hasilnya PDIP unggul, namun dalam batas margin of error. Foto: Ist.

" Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur terkait elektabilitas partai politik (parpol). Hasilnya PDIP unggul, namun dalam batas margin of error "

SURABAYA, TELISIK.ID - Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur terkait elektabilitas partai politik (parpol). Hasilnya PDIP unggul, namun dalam batas margin of error.

"Hasilnya PDIP teratas. Tapi elektabilitas PDIP selisihnya di bawah margin of error," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan di Surabaya, Kamis (2/11/2023).

Dalam survei ARCI, elektabilitas PDIP di angka 17,8%. Kemudian disusul PKB 15,2%. Di posisi ketiga ada Gerindra 15,1%, dan Golkar melengkapi 4 besar di angka 14,1%.

Baihaki menyebut, keunggulan PDIP di Jawa Timur masih sangat tipis dan berada dalam angka margin of error. Ia menyebut tiga partai yang ada di bawah PDIP berpotensi menyalip sewaktu-waktu.

Baca Juga: Mentan Amran Fokus Swasembada Komoditas Pertanian, Kasad Komit Laksanakan Instruksi Jokowi Amankan TPS Pemilu 2024

"PDIP cenderung menurun pasca hubungan panas dengan Joko Widodo (Jokowi). Karena harus dimengerti, Jatim itu basis Jokowi selama dua kali pilpres, dan sekarang sinyal Jokowi kan ke paslon yang bukan diusung PDIP," katanya.

"Jadi PKB, Gerindra punya peluang menyalip PDIP. Sementara Golkar punya potensi juga minimal menyalip PKB atau Gerindra dan masuk tiga besar," jelasnya.

Baihaki menyebut, Golkar diam-diam bisa membahayakan. Sebab, Golkar punya nilai plus karena menjadi partai yang mendeklarasikan pertama Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

"Golkar punya peluang mendapat coattail effect dari Gibran, di mana loyalis Jokowi di Jatim bisa berbelok dari awalnya PDIP kemudian ke Golkar karena ada faktor Gibran. Kalau Gerindra jelas mendapat limpahan elektoral dari Prabowo Subianto," jelasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8?n tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca Juga: PKB Siapkan Pemenangan, Ketua DPC Buton Optimis Tambah 1 Kursi di Pemilu 2024

Partai Golkar sudah memasang target kemenangan pada Pemilu 2024. Salah satunya pada pileg harus tercapai 20 persen.

"Kita targetkan kemenangan Pileg 20 persen. Kemenangan pilkada 60 persen. Pemenangan pilpres nomor 1," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.

Airlangga memerintahkan seluruh kader untuk meraih target itu. Seluruh target pada rangkaian Pemilu 2024 wajib disanggupi hingga ke sayap organisasi paling bawah. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga