Tahun 2022, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 2.714,2 Triliun

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 18 November 2021
0 dilihat
Tahun 2022, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 2.714,2 Triliun
Menkeu, Sri Mulyani. Foto: Repro IG Sri Mulyani

" Tahun depan kita akan belanja Rp 2.714,2 triliun. Ini belanja pemerintah pusat mencapai Rp 1.944,5 triliun, sedangkan belanja pemerintah daerah Rp 769,6 triliun,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan persnya di Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tahun 2022 pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2.714 triliun untuk belanja pemerintah baik pusat dan daerah.  

“Tahun depan kita akan belanja Rp 2.714,2 triliun. Ini belanja pemerintah pusat mencapai Rp 1.944,5 triliun, sedangkan belanja pemerintah daerah Rp 769,6 triliun,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Dikatakan, dalam waktu dekat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) akan diserahkan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) agar dapat segera menyiapkan pelaksanaan belanja sehingga dapat direalisasikan sejak awal tahun 2022.

“Bapak Presiden akan menyampaikan penyerahan DIPA pada akhir bulan ini. Namun, Bapak Presiden telah menginstruksikan kepada seluruh kementerian/lembaga untuk mulai menyiapkan kementerian/lembaga di dalam pelaksanaan APBN 2022,” imbuhnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Proyeksi Pemulihan Ekonomi Kuartal IV Meningkat Cukup Kuat

Baca Juga: Soroti Serapan Belanja Pemerintah, Ini Lima Arahan Jokowi Terkait PEN

Untuk tahun 2022, lanjut Menkeu, Presiden juga meminta seluruh K/L untuk mencadangkan anggaran minimal lima persen dari pagu anggaran untuk mengantisipasi perkembangan situasi pandemi COVID-19.

“Bapak Presiden menginstruksikan agar seluruh kementerian/lembaga memberikan atau melakukan pencadangan, sehingga kalau sampai terjadi situasi seperti yang kita hadapi dengan Varian Delta di bulan Juli-Agustus lalu, kita tidak perlu melakukan refocusing yang membuat disrupsi di dalam pelaksanaan anggaran,” tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga