Tahun 2023, BPN Tuntaskan Pembuatan 83.530 Sertifikat Tanah di Sulawesi Tenggara

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Tahun 2023, BPN Tuntaskan Pembuatan 83.530 Sertifikat Tanah di Sulawesi Tenggara
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menyerahkan sertifikat tanah pada perwakilan masyarakat Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara bersama BPN kabupaten/kota menuntaskan pembuatan sertifikat tanah sebanyak 83.530 sertifikat tahun 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara bersama BPN kabupaten/kota menuntaskan pembuatan sertifikat tanah sebesar 100 persen atau sebanyak 83.530 sertifikat tahun 2023. Hal itu disampaikan Kepala BPN Sulawesi Tenggara Asep Heri, saat penyerahan sertifikat yang dilakukan di seluruh kabupaten/kota secara hybrid di Kota Kendari, Selasa (12/12/2023).

Kepala BPN Sulawesi Tenggara Asep Heri menjelaskan, penyerahan sertifikat ini merupakan sisa sertifikat yang baru diselesaikan dan ditargetkan tersalurkan seluruhnya paling lambat 30 Desember 2023.

"Jarang-jarang satu provinsi bisa menyelesaikan secara bersamaan 100 persen, Sultra PSN-nya, pendaftaran tanah sistematis lengkapnya sudah 100 persen, redistribusinya sudah 100 persen, BMN badan milik negaranya sudah 100 persen luar biasa, jumlah keseluruhan kurang lebih hampir 85 ribu sertifikat yang sudah diselesaikan tahun ini," jelas Kepala BPN Sultra.

Asep Heri meminta pada Kepala BPN kabupaten/kota agar menyerahkan langsung sertifikat pada pemilik, tanpa dititip saat proses distribusi sertifikat ke masyarakat. Sebab sertifikat merupakan barang berharga yang merupakan tanda bukti hak milik.

Bagi masyarakat yang telah menerima sertifikat untuk selanjutnya melakukan gerakan bersama pasang tanda batas tentunya atas persetujuan tetangga. Ini dilakukan untuk menyelesaikan persoalan sengketa batas yang sering terjadi.

Baca Juga: Pemda Konawe Terima Puluhan Sertifikat Tanah Aset Daerah dari BPN

Dia menambahkan, tahun 2024 nanti BPN Sultra mendapatkan kuota pembuatan sertifikat sebanyak 50 ribu terdiri dari 36 ribu sertifikat untuk program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan 14 ribu redistribusi tanah. Program ini ditargetkan tuntas bulan Mei-Juni 2024. Jika tercapai sesuai target BPN Sulawesi Tenggara akan mengusulkan tambahan hingga 100 ribu sertifikat.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, mewakili bupati/wali kota menyampaikan terima kasih pada BPN Sulawesi Tenggara dan kabupaten/kota yang telah membantu proses pembuatan sertifikat ini.

"Atas nama pemerintah kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara menyampaikan terima kasih untuk kali ini, semoga ini adalah bagian dari upaya dan ikhtiar kita bersama untuk tidak meninggalkan warisan yang tidak baik di zaman kita, karena kita tahu sendiri masalah tanah ini menjadi masalah yang sensitif, masalah yang krusial dan banyak menimbulkan permasalahan dalam konteks pembangunan wilayah," ungkap Pj Wali Kota Kendari.

Menurutnya, penyerahan dokumen resmi atas kepemilikan tanah ini sangat membantu dalam penataan dan pengembangan serta pemanfaatan aset-aset tersebut sehingga aset tersebut sebagaimana aset tanah, menjadi lebih berdaya guna dan berhasil guna. Salah satunya bisa dijadikan agunan untuk memperoleh modal usaha atau pengembangan usaha masyarakat.

Baca Juga: Tak Terealisasi, Target Sertifikat Tanah Gratis di Wakatobi Ditarik dari 24.000 jadi 5.000 Bidang

Kepala Biro Umum Kemendagri ini menambahkan, pemerintah kabupaten kota se-Sulawesi Tenggara sangat mendukung program dan upaya pemerintah pusat dalam rangka sertifikasi tanah dan menyukseskan program reforma agraria. Program ini merupakan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penataan aset dan penataan akses.

"Ini adalah bagian dari upaya dan langkah melakukan pemerataan pembangunan, pengurangan kesenjangan, penanggulangan kemiskinan, dan penciptaan lapangan kerja mulai dari perdesaan sampai pada perkotaan," tambahnya.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis pada perwakilan masyarakat Kota Kendari dari beberapa kelurahan. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga