Tahun Ini, Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat SD dan SMP Bakal Kembali Digelar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 13 April 2021
0 dilihat
Tahun Ini, Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat SD dan SMP Bakal Kembali Digelar
Kabid Pengawasan Lingkungan dan Adiwiyata DLHK Kendari, Ratna. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kemungkinan besar ada penilaian, walaupun mereka (Kementerian LHK) juga pada posisinya belum ada SK, tapi 90 persen akan ada penilaian calon sekolah adiwiyata. Penilaian itu biasanya dilakukan pada sekitar bulan Oktober – November. "

KENDARI, TELISIK.ID – Meski di tengah pandemi COVID-19, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari menyatakan penilaian calon sekolah adiwiyata tahun 2021 ini untuk tingkat SD dan SMP bakal kembali digelar.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Lingkungan dan Adiwiyata DLHK Kendari, Ratna mengatakan, jika tahun 2020 lalu, penilaian adiwiyata ini tidak dilaksanakan karena terkendala pandemi, maka tahun ini akan kembali digelar.

Hal tersebut kata dia, hasil dari koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Dari koordinasi itu kemungkinan besar akan dilaksanakan penilaian calon sekolah adiwiyata tahun 2021.

“Kemungkinan besar ada penilaian, walaupun mereka (Kementerian LHK) juga pada posisinya belum ada SK, tapi 90 persen akan ada penilaian calon sekolah adiwiyata. Penilaian itu biasanya dilakukan pada sekitar bulan Oktober – November,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca Juga: Canggih, Smartphone di Masa Depan Bisa Deteksi Virus COVID-19

Menyikapi hal tersebut, Ratna menambahkan, pihak DLHK Kendari telah melakukan pembinaan khususnya penilaian calon sekolah adiwiyata tingkat SD dan SMP.

Untuk penilaian calon sekolah adiwiyata tingkat SD dan SMP ini, setidaknya ada beberapa kriteria yang di ikuti yakni, adiwiyata kota, adiwiyata provinsi, adiwiyata nasional, dan adiwiyata mandiri.

“Kita sudah mulai menjalankan pembinaan dan semua kita sentuh sesuai dengan sumber daya yang kita miliki. Tetapi, di awal waktu kita membina di kriteria adiwiyata mandiri, setelah mandiri baru masuk ke kriteria nasional, kemudian provinsi dan kota,” tambahnya.

Penilaian Adiwiyata tersebut bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga