Tak Ada UN, Begini Cara Sekolah di Buton Tengah Tentukan Kelulusan Siswa

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Tak Ada UN, Begini Cara Sekolah di Buton Tengah Tentukan Kelulusan Siswa
Kadis Dikbud Buteng, Abdullah. Foto: Mutarfin/Telisik

" UN tahun ini tidak ada, digantikan oleh US. Hal ini sesuai dengan surat edaran kementerian. "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID - Pelaksanan ujian nasional (UN) yang sebelumnya menjadi syarat utama menentukan kelulusan siswa, kini telah ditiadakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buton Tengah, Abdullah menjelaskan, untuk tahun ini jenjang pendidikan lingkup Buton Tengah telah meniadakan ujian nasional sebagai penentu kelulusan, sehingga kelulusan ditentukan oleh ujian  sekolah (US).

"UN tahun ini tidak ada, digantikan oleh US. Hal ini sesuai dengan surat edaran kementerian," ungkapnya, Kamis (15/4/2021).

Ia menambahkan, secara fungsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buton Tengah menaungi satuan pendidikan, dari tingkat TK hingga SMP. Dengan begitu, jenjang pendidikan ini yang akan ditentukan kelulusannya berdasarkan US.

Baca juga: Ini 50 Universitas Terbaik di Indonesia, Kampusmu Ada?

Selain itu, saat ditanya terkait tentang rencana pelaksanaan ujian sekolah untuk tingkat SD maupun SMP, pihaknya lagi menyiapkan semuanya termasuk jadwal pelaksanaanya.

Menurut Abdullah, untuk mekanisme pelaksanaan ujian sekolah dan penilaian untuk kelulusan itu bisa berupa portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, serta penilaian sikap dan perilaku.

"Di sebabkan lagi suasana pandemi COVID 19, maka setiap satuan pendidikan lebih spesifik kepada tenaga pendidik untuk memberikan penilaian pada siswa berdasarkan hasil yang dikerjakan, seperti bentuk penugasan sekolah, penilaian perilaku selama melaksanakan aktifitas belajar," ujarnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerangkan kriteria syarat kelulusan siswa di masa pandemi, yang tertuang pada UU No 1 Tahun 2021. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga