10 Jurusan Kuliah yang Buat Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 05 Februari 2023
0 dilihat
10 Jurusan Kuliah yang Buat Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus
Memilih jurusan kuliah seringkali membuat banyak calon mahasiswa dilema, terlebih jurusan yang diambil kerap kali menentukan keberhasilan seseorang dalam pekerjaan. Foto: Beautynesia

" Memilih jurusan kuliah seringkali membuat banyak calon mahasiswa dilema, terlebih jurusan yang diambil kerap kali menentukan keberhasilan seseorang dalam pekerjaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih jurusan kuliah seringkali membuat banyak calon mahasiswa dilema, terlebih jurusan yang diambil kerap kali menentukan keberhasilan seseorang dalam pekerjaan.

Berdasarkan temuan Pusat Pendidikan dan Tenaga Kerja Universitas Georgetown, pemegang sarjana sendiri umumnya mendapatkan 84% lebih banyak daripada mereka yang hanya memiliki ijazah sekolah menengah.

Kendati demikian, tidak sedikit pula orang yang menyesal mengambil jurusan yang mereka pilih selama perkuliahan, Beauties. Bahkan, penyesalan itu datang usai mereka lulus.

Baca Juga: Bikin Populasi Baru, Ilmuwan Ciptakan Bayi di Luar Angkasa

Melansir Kompas.com, hal itu dibenarkan berdasarkan survei Perusahaan pasar kerja AS, ZipRecruiter terhadap lebih dari 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari pekerjaan.

Survei itu dilakukan guna mencari tahu jurusan kuliah mana yang paling disesali dan diambil oleh mahasiswa saat memasuki dunia kerja.

Hasilnya jurusan yang menempati urutan teratas adalah jurnalisme, sosiologi, komunikasi dan pendidikan.

Ekonom utama ZipRecruiter, Sinem Buber, mengtakan selama masa kuliah mereka memang tertarik pada bidang yang dipilih. Namun ketika lulus, mereka dihadapkan pada kenyataan soal gaji pada pekerjaan terkait jurusan tersebut.

"Saat kita lulus, kenyataan akan datang. Saat Anda hampir tidak bisa membayar tagihan Anda, gaji Anda mungkin menjadi lebih penting," ujar Buper, dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (29/1/2023).

"Gaji masih yang paling penting. Tetapi keamanan pekerjaan sekarang menjadi lebih penting. Itu terjadi setiap kali kita memiliki ketakutan akan resesi," tambahnya.

Berikut daftar lengkap jurusan yang disesali setelah mahasiswa lulus dilansir dari CNBCIndonesia.com.

1. Jurnalisme (87 persen).

2. Sosiologi (72 persen).

3. Seni (72 persen).

4. Komunikasi (64 persen).

5. Pendidikan (61 persen).

Baca Juga: Ini Tips Muhammad Daffa Rahmatullah Wisudawan Terbaik UHO Kendari

6. Manajemen Marketing + Riset (60 persen).

7. Pendamping Medis (56 persen).

8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56 persen).

9. Biologi (52 persen).

10. Sastra Inggris (52 persen). (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga