Taken MoU bersama Universitas Karya Persada Muna, Pemda Muna Barat Miliki Poin Penting

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 21 Juli 2023
0 dilihat
Taken MoU bersama Universitas Karya Persada Muna, Pemda Muna Barat Miliki Poin Penting
Seusai taken MoU antara Pemda Muna Barat bersama Universitas Karya Persada Muna. Foto: Ist.

" Terus tingkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan, Pemda Muna Barat kini jalin kerjasama dengan Universitas Karya Persada Muna "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terus tingkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan, Pemda Muna Barat kini jalin kerjasama dengan Universitas Karya Persada Muna.

Diketahui, selama kepemimpinan Bahri di Muna Barat, ia terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia, baik melalui pendidikan dan kesehatan dengan berbagai program, misalnya pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi.

Kemudian dalam program kesehatan, saat ini Muna Barat telah masuk dalam kategori UHC 100 persen terbuka, dengan menjaminkan seluruh masyarakat gratis dalam  mendapatkan pelayanan kesehatan kelas III hanya dengan menunjukkan KTP Muna Barat.

Hal ini tak menjadi pemberhentian langkah atau program Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat untuk meningkatkan sumber daya manusia, maka tak heran saat ini ia kembali jalin kerjasama dengan Universitas Karya Persada Muna.

Baca Juga: Sejarah Terbentuknya Kabupaten Muna Barat Dikaji Ulang

Penandatanganan itu telah dilakukan oleh pihak Pemda Muna Barat bersama pihak Universitas Karya Persada, tepatnya di Aula Kantor Bupati, Kamis (20/7/2023).

Bahri katakan, itu menjadi salah satu fokusnya dalam bidang pendidikan, maka ia memang membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, salah satunya melalui perguruan tinggi.

Untuk itu, ada beberapa poin penting dari kerjasama yang dilakukan dengan Universitas Karya Persada Muna, yaitu pemda akan menyiapkan beasiswa bagi warganya yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

"Beasiswa itu bagian dari poin pendidikan, selanjutnya ada poin bidang penelitian, dan pengabdian," ungkapnya, Jumat (21/7/2023).

Dalam bidang penelitian, apabila ada persoalan tertentu terkait pembangunan, maka pihak perguruan tinggi tersebut akan memberikan rekomendasi untuk melakukan pendidikan.

Misalnya Pemda Muna Barat ingin memajukan sektor perikanan, maka nanti pihak universitas akan melakukan kajian-kajian dalam konteks bagaimana cara memajukan perikanan dan peternakan yang ada di Muna Barat.

Kemudian terkait pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa di universitas tersebut bisa melakukan kuliah kerja nyata (KKN), PPL, PKL di wilayah Muna Barat, sebab itu bagian dari wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Rektor Universitas Karya Persada Muna, Usman Rianse menyampaikan, MoU itu pertama kali dilakukan dan merupakan suatu kehormatan bagi pihaknya, selain itu, juga wujud dalam meningkatkan sumber daya manusia sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Pj Bupati Muna Barat.

"Hal ini juga merupakan wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Baca Juga: Gagal Raih Juara 1, Pj Bupati Muna Barat Bakal Evaluasi Rekrutmen STQH

Usman katakan, saat ini universitasnya fokus pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga pihaknya perlu kolaborasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Pasalnya pengabdian masyarakat diyakini dapat menjadi kekuatan besar di dalam dunia pendidikan.

Selanjutnya, Ketua Yayasan Universitas Karya Persada Muna, Albert mengapresiasi langkah Pj Bupati Muna Barat telah menyediakan sarana dan prasarana bagi pengembangan sumber daya manusia, dengan menyiapkan anggaran untuk beasiswa mahasiswa berprestasi di Muna Barat.

"Ini langkah yang baik sebagai pemimpin, yang mengutamakan bidang pendidikan," singkatnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga