Taman Pintar Bercerita, Berikan Edukasi kepada Anak-anak

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Rabu, 03 Juni 2020
0 dilihat
Taman Pintar Bercerita, Berikan Edukasi kepada Anak-anak
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi, MA, membawakan cerita Si Loreng. Foto: Ist.

" Sehingga bisa memantik imajinasi anak-anak saat mendengarkannya. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 tidak menghalangi Taman Pintar Yogyakarta untuk terus memberikan edukasi kepada anak-anak. Tapi, kesempatan itu justru dimanfaatkan dengan meluncurkan Podcast Taman Pintar Bercerita.

Rekaman audio yang bisa diakses melalui sportify itu menyajikan sederet dongeng cerita rakyat. Sehingga sahabat Tepi, sapaan bagi pengunjung Taman Pintar, tetap bisa menikmati belajar dengan asyik dan menyenangkan di rumah.

Menurut Afia Rosdiana, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta, Podcast tersebut menyajikan berbagai narasi yang dikemas secara ringan dan mengandung pesan moral serta sains selama 15-20 menit.

Baca juga: KPU Muna Susun Rancangan Tambahan Anggaran Pilkada

Podcast itu sudah  diluncurkan Taman Pintar sejak awal Mei 2020 dan rencananya setiap seminggu sekali, tepatnya pada hari Jumat, akan selalu diupdate cerita-cerita legenda terbaru melalui chanel Taman Pintar Bercerita di sportify.

Sejak diluncurkan pada awal Mei 2020 lalu, animo masyarakat terhadap podcast Taman Pintar Bercerita terbilang sangat tinggi. "Terbukti, dengan jumlah pendengar yang terus meningkat," terang Afia Rosdiana, Rabu (3/6/2020).

Baru sekitar dua pekan diluncurkan, pendengarnya sudah mencapai 88 orang yang sudah mengakses melalui chanel Taman Pintar di sportify.

Terkait alasan Taman Pintar memilih podcast sebagai media bercerita, Afia Rosdiana menerangkan bahwa dongeng atau bercerita memang sebaiknya disajikan dalam bentuk audio. "Sehingga bisa memantik imajinasi anak-anak saat mendengarkannya," tandasnya.

Baca juga: Upaya Pengemudi Ojol Agar Tetap Bisa Bayar Cicilan

Selain itu, kata Afia Rosdiana, melalui podcast ini juga meringankan orang tua. Karena hanya membutuhkan sekitar 1 megabite dibandingkan video di YouTube yang memakan lebih banyak paket kuota.

Meski cerita dibawakan oleh para pendongeng dari Taman Pintar, ada beberapa edisi khusus cerita dibawakan langsung oleh sejumlah tokoh. Salah satunya adalah Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi, MA, yang membawakan cerita Si Loreng.

Podcast “Taman Pintar Bercerita” bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar Sahabat Tepi dengan mendengarkan berbagai cerita menarik setiap minggunya. "Dan mengobati kerinduan untuk berkunjung ke Taman Pintar,” papar Afia Rosdiana.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga