Target Sekolah Berprestasi Walau Berada di Pelosok Desa

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Target Sekolah Berprestasi Walau Berada di Pelosok Desa
Kepala SMAN 2 Parigi Kabupaten Muna targetkan menjadi sekolah yang mencetak siswa berprestasi. Foto: Ist.

" Tak ingin dipandang sebelah mata karena letaknya di pelosok desa, SMAN 2 Parigi Kabupaten Muna terus mengupdate prestasi siswanya "

MUNA, TELISIK.ID - Tak ingin dipandang sebelah mata karena letaknya di pelosok desa, SMAN 2 Parigi Kabupaten Muna terus mengupdate prestasi siswanya.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menyelengarakan proses belajar mengajar. Namun, adanya perbedaan antara sekolah di perkotaan dan di kampung membuat pelajaran, kreasi dan pengembangan bakat siswa juga berpotensi berbeda jauh.

Sering kali sekolah yang berada di kampung ketinggalan atau bahkan tidak mengetahui sama sekali tentang informasi terbaru tentang update pendidikan di suatu wilayah.

Baca Juga: 131 Desa di Nusa Tenggara Timur Teraliri Listrik Sepanjang 2022

Masih banyak ditemukan dalam suatu event atau perlombaan, tanpa dilakukan seleksi dari beberapa sekolah, ada sekolah tertentu di perkotaan yang mewakilinya. Hal itu bisa menimbulkan terpendampnya bakat yang tidak dapat disalurkan oleh siswa yang bukan berada di perkotaan.

Kepala SMAN 2 Parigi, La Koma menjelaskan, perlu mengubah mindset tersebut agar bisa setara dengan sekolah-sekolah lainnya melalui update dengan dinas pendidikan, pemerintah setempat atau pun melalui sosial media.

“Kurang lebih 2 tahun kami juga sudah mengikuti banyak event tingkat nasional, bahkan ada beberapa siswa yang bisa menang. Berarti kita juga bisa bersaing dengan orang di kota sana,” jelasnya.

Selain itu, guru dan siswa di SMAN 2 Parigi sudah menerbitkan beberapa karya berupa buku guna meningkatkan literasi.

“Kami juga sudah termasuk menjadi sekolah penggerak angkatan 2 dan itu hanya 3 sekolah yang terpilih, termasuk sekolah ini” tambahnya.

Baca Juga: Bakal Calon DPD RI Ini Bawa Target Menang, Ini Pengakuannya

Salah satu siswa berprestasi, Sahril Sonitiro mengakatan, sudah beberapa kali mengikuti lomba, dari tingkat kabupaten hingga nasional dan itu disupport oleh pihak sekolah.

“Kami sempat menjadi juara 2 dalam kegiatan lomba karya tulis nasional dan bersaing bersama sekolah yang dari Pulau Jawa,” tuturnya.

Pihak sekolah terus mengharapkan agar SMAN 2 Parigi terus menciptakan generasi-generasi yang berprestasi. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga