Tempat Tinggal Jauh dari Sekolah, Guru Terancam Mutasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 14 Januari 2020
0 dilihat
Tempat Tinggal Jauh dari Sekolah, Guru Terancam Mutasi
Plt Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Rencananya 2020 ini kita akan melakukan mutasi guru. Jadi sekarang ini kita masih lakukan pendataan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) setiap sekolah. Pendataannya sendiri sudah berjalan tahun kemarin. "

KENDARI, TELISIK.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan mutasi terhadap  guru yang jarak antara sekolah dan tempat tinggalnya cukup jauh. Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya peningkatan kualitas, kapasitas siswa serta  pemerataan guru di sekolah-sekolah pada tahun 2020.

Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio, mengatakan, mutasi guru ini bertujuan mendekatkan guru  dengan sekolahnya, serta untuk pemerataan guru sesuai dengan kebutuhan di sejumlah sekolah yang ada di Sultra.

"Rencananya 2020 ini kita akan melakukan mutasi guru. Jadi sekarang ini  kita masih lakukan pendataan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) setiap sekolah. Pendataannya sendiri sudah berjalan tahun kemarin," katanya, Senin (6/1/2020).

Ia menjelaskan, untuk saat ini pihaknya sementara mempersiapkan mutasi sesuai  kebutuhan sekolah dengan mempertimbangkan jarak serta jam mengajarnya di sekolah.

"Program mutasi  seperti ini sudah pernah dilakukan di Makassar tetapi baru guru SD dan SMP. Untuk itu, tahun ini kita  berencana melakukannya juga," jelasnya.

Olehnya itu, Ia melanjutkan, dalam mutasi yang akan dilakukan ini pihaknya akan mempertimbangkan  sekolah mana yang memiliki guru lebih untuk dipindahkan ke sekolah lain. Khususnya di sekolah yang masih kekurangan guru, tetapi  memilih guru yang jarak tempat tinggalnya dekat dengan sekolah.

Baca Juga: Dirjen Kemenag RI Berikan Kuliah Umum di IAIN Kendari

"Yang Dikbud lakukan saat ini, bagaimana  berupaya dapat  memperbaiki kulitas pendidikan di Sultra dengan berbagai program," lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga