Ternyata Universitas Ini Lebih Tua Dibanding Penemuan Kalkulus

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 01 Januari 2023
0 dilihat
Ternyata Universitas Ini Lebih Tua Dibanding Penemuan Kalkulus
Harvard University merupakan salah satu universitas tua di dunia, bahkan pendiriannya sudah ada sebelum penemuan kalkulus. Foto: Repro Extension.harvard.edu

" Universitas Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat dan salah satu universitas paling bergengsi dan berperingkat tinggi di dunia "

CAMBRIDGE, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal Harvard University, salah satu universitas bergengsi yang sangat terkenal di Amerika Serikta ini rupanya memiliki sejarah yang sangat unik.

Dilansir dari Wikipedia.com, universitas riset Ivy League swasta di Cambridge, Massachusetts atau yang dikenal dengan Harvard University didirikan pada 1636 sebagai Harvard College dan dinamai untuk dermawan pertamanya, pendeta Puritan John Harvard.

Universitas Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat dan salah satu universitas paling bergengsi dan berperingkat tinggi di dunia. Namun, ternyata ada hal menarik lainnya yang ada disini, selain menjadi universitas tertua, Universitas Harvard rupanya memiliki usia yang jaub lebih tua dibandingkan dengan penemuan kalkulus.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, Gottfried Wilhelm Leibniz menemukan kalkulus pada pertengahan tahun 1670-an. Leibniz menyusun ide-ide kalkulus sekitar tahun 1674, kemudian menerbitkan ide-ide tersebut pada tahun 1684 atau sepuluh tahun kemudian.

Baca Juga: Sekte Sesat di Amerika Jadikan Perempuan Budak Seks

Baca Juga: Daftar Penemuan Mesir Kuno Sepanjang 2022, Ada Mumi Berlidah Emas

Kalkulus adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret tak terhingga. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan.

Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik, serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer. Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga