Daftar Penemuan Mesir Kuno Sepanjang 2022, Ada Mumi Berlidah Emas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 30 Desember 2022
0 dilihat
Daftar Penemuan Mesir Kuno Sepanjang 2022, Ada Mumi Berlidah Emas
Pilar granit merah muda ini pernah menjadi bagian dari kuil Zeus-Kasios di Pelusium di Semenanjung Sinai. Foto: Repro Livescience.com

" Pada 2022, arkeolog telah melaporkan beberapa temuan menarik, termasuk di antaranya mumi berlidah emas dan makam ratu yang sebelumnya tidak dikenal "

ALEXANDRIA, TELISIK.ID - Sepanjang 2022, Mesir banyak menemukan beberapa benda-benda kuno. Pada 2022, arkeolog telah melaporkan beberapa temuan menarik, termasuk di antaranya mumi berlidah emas dan makam ratu yang sebelumnya tidak dikenal.

Melansir Detik.com, peradaban Mesir kuno adalah salah satu peradaban tertua yakni pada tahun sekitar 4000 SM. Selama beribu tahun kemudian hingga tahun 2022, ada banyak peninggalan Mesir kuno yang ditemukan oleh para arkeolog.

Berikut peninggalan Mesir kuno yang ditemukan tahun 2022, seperti dikutip dari Livescience.com dan Detik.com:

1. Mumi berlidah emas

Orang Mesir kuno percaya bahwa mengubur mumi dengan lidah emas akan membantu mengubah orang yang meninggal menjadi makhluk ilahi di akhirat. Tim arkeolog menemukan beberapa contoh praktik penguburan khusus ini di situs penggalian di pemakaman kuno dekat Quesna, tepat di utara Kairo. Penguburan semacam ini juga berisi banyak barang kuburan, seperti kalung, tembikar, dan scarab emas (kumbang).

2. Mumi di atas kain kafan

Baca Juga: Profil Pele, dari Awal Karir hingga Tutup Usia

Saat menggali pekuburan di kota Mesir kuno Philadelphia, arkeolog menemukan dua potret mumi lengkap serta beberapa potret orang yang tidak lengkap yang dimakamkan di kuburan. Para peneliti berpikir almarhum kemungkinan kelas menengah atau elit, karena terdapat lukisan khusus yang mirip dengan mereka. Karena penjarahan, para arkeolog juga sangat jarang menemukan potret mumi, dengan contoh terakhir yang tercatat ditemukan pada tahun 1880-an.

3. Kuil elang dan sebuah pesan rahasia

Arkeolog menemukan kuil berusia 1.700 tahun di Berenike pelabuhan Laut Merah yang menampilkan 15 elang tanpa kepala. Kuil tersebut ditemukan di atas tumpuan dan sebuah monumen batu yang menggambarkan dua dewa tak dikenal. Selain itu, peneliti juga menemukan prasasti dalam bahasa Yunani yang bertuliskan, "Tidak pantas untuk merebus kepala di sini."

4. Kuil yang didedikasikan untuk Dewa Hibrid

Dikutip dari Gatra.com, arkeolog di situs Tell el-Farama di Semenanjung Sinai menemukan sisa-sisa kuil yang didedikasikan untuk Zeus-Kasios, dewa yang merupakan persilangan hibrid antara Zeus dan dewa cuaca Kasios. Para peneliti menemukan candi tersebut setelah memperhatikan bagian dari dua kolom granit merah muda yang menyembul dari tanah, yang mereka yakini pernah menopang gerbang depan candi dan kemungkinan besar runtuh pada zaman kuno saat terjadi gempa besar.

5. Cincin emas

Saat menjelajahi situs pemakaman di Akhetaten (amarna modern), sebuah kota di selatan Kairo, arkeolog menemukan harta karun artefak emas termasuk kalung dan tiga cincin. Salah satu perhiasan menonjol karena ukiran Bes juga dikenal sebagai "dewa kesenangan".

Gambar kuno dewa yang suka bersenang-senang dapat ditemukan di seluruh Mesir. Ia sering digambarkan sebagai orang kerdil yang tidak hanya senang bermain musik dan berpesta  tetapi juga melindungi wanita saat melahirkan.

Baca Juga: Kota Unik Ini Terletak di Bawah Tanah

6. Tato persalinan

Sebelum melahirkan, beberapa wanita Mesir kuno akan membuat tato sebagai bentuk perlindungan saat melahirkan. Arkeolog menemukan enam contoh praktik ini saat mempelajari mumi yang terkubur di Deir el-Medina, sebuah situs arkeologi yang terletak di sepanjang tepi Sungai Nil.

Penemuan tato kuno jarang terjadi karena kulit perlu diawetkan dan para arkeolog mempraktikkannya untuk tidak membuka mumi. Namun, dalam kasus ini, bagian tubuh yang terekspos, termasuk punggung bawah seorang wanita yang tinta kunonya terdapat garis-garis hitam dan bergambar Bes, dewa yang melindungi wanita saat melahirkan.

7. Terowongan luas

Para arkeolog menemukan terowongan sepanjang 4.281 kaki (1.305 meter) di bawah sebuah kuil di Taposiris Magna, sebuah kota kuno yang terletak di sebelah barat Alexandria, Mesir. Diperkirakan, terowongan besar itu digunakan untuk mengangkut air ke warga dan merupakan replika persis dari Terowongan Eupalinos di Pulau Samos, Yunani, yang dianggap sebagai keajaiban teknik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga