Tersedia Mudik Gratis Rute Jakarta-Jatim, Lonjakan Pemudik Tembus 16,8 Juta Orang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 24 April 2022
0 dilihat
Tersedia Mudik Gratis Rute Jakarta-Jatim, Lonjakan Pemudik Tembus 16,8 Juta Orang
Kadishub Jatim, Nyono. Foto: Yudhie/Telisik

" Diprediksi ada 16,8 juta orang akan mudik ke Jatim Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut ada peningkatan dibandingkan prediksi sebelumnya yaitu 14,6 juta orang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono mengatakan, dari pantauannya, diprediksi ada 16,8 juta orang akan mudik ke Jatim Lebaran tahun ini.

Jumlah tersebut ada peningkatan dibandingkan prediksi sebelumnya yaitu 14,6 juta orang, di mana ada persyaratan dari pemerintah untuk melakukan vaksinasi booster bagi pemudik.

Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub pada angkutan Lebaran 2022, potensi pergerakan nasional dalam masa mudik Lebaran mencapai 85,5 juta orang yang terbagi melalui berbagai moda transportasi.

Rinciannya, yang menggunakan mobil pribadi 26,8% atau 22,9 juta orang, bus 16,5% atau 16,9 juta orang, pesawat 16,5% atau 14,1 juta orang, dan kereta api 10,4% atau 8,9 juta orang.

Nyono mengatakan, masa mudik Lebaran ini berlaku selama 16 hari terhitung mulai H-7 sampai H+7 Lebaran, atau tanggal 25 April sampai 10 Mei 2022.

Baca Juga: Tunggu Perbup, THR ASN Konsel Cair Besok

Sementara itu, untuk melayani mudik gratis antar provinsi di Pulau Jawa, telah disediakan mudik gratis dengan rute Jakarta-Jatim. Rute tersebut sengaja dibuka karena Pemprov Jatim mempertimbangkan banyak warga Jawa Timur yang merantau di Jakarta dan sekitarnya.

Mudik bareng dari Jakarta ke Jatim akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022. Dengan titik keberangkatan dari Masjid Agung At-Tin, Jl. Taman Mini 1 No.3, Jakarta.

Baca Juga: MoU Pinjaman di PT SMI Direvisi, Proyek Infrastruktur di Muna Segera Dimulai

Total, program mudik bareng gratis dari Jakarta ke Jatim ini menyediakan 10 bus dengan perkiraan jumlah penumpang yang mengikuti mudik sebanyak 400 orang. Namun jumlah itu bisa bertambah seiring dengan antusiasme pendaftar.

Untuk detail rute tujuan mudik dari Jakarta ke Jatim yang disediakan meliputi rute Jakarta-Pacitan disediakan 2 bus, kemudian Jakarta-Ponorogo-Magetan-Madiun-Ngawi disediakan 1 bus, Jakarta-Kertosono-Nganjuk disediakan 1 bus, Jakarta-Lamongan-Tuban-Bojonegoro disediakan 1 bus.

Selain itu juga untuk tujuan Jakarta-Tulungagung-Kediri-Blitar disediakan sebanyak 1 bus, Jakarta-Surabaya-Madura disediakan 2 bus, Jakarta-Malang disediakan 1 bus, dan Jakarta-Jember-Pasuruan-Probolinggo disediakan 1 bus. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga