Tersisa 10 Anggota Legislatif Muna Incumbent, 17 Terdepak dan 20 Wajah Baru

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 11 Maret 2024
0 dilihat
Tersisa 10 Anggota Legislatif Muna Incumbent, 17 Terdepak dan 20 Wajah Baru
Komisioner KPU Muna saat mengikuti proses rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi. Foto: Ist.

" Komposisi DPRD Muna periode 2024-2029 akan banyak diisi wajah-wajah baru "

MUNA, TELISIK.ID - Komposisi DPRD Muna periode 2024-2029 akan banyak diisi wajah-wajah baru. Dari 30 anggota legislatif (aleg) saat ini, satu tidak mencalonkan diri (La Saemuna) dan dua (Aswarhadi Dulu dan Harumini) maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Nah, tersisa tinggal 27 orang.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 14 Februari lalu, tersisa tinggal 10 aleg incumbent yang bertahan. Sisanya, 17 aleg, terdepak.

Adapun 10 aleg yang akan kembali duduk di Dewan adalah Muhamad Natsir Ido, Cahwan, Zahrir Baitul, Sarif Ramadhan, La Ode Sumiadi, La Ode Dyrun, Wa Nurnia, Murida, La Ode Gerson Kadaka dan Agustini Muhaimin.

Sedangkan aleg incumbent yang gagal yakni Awal Jaya Bolombo, La Usa Mele, Syukri, Andi Sapri, La Tarimi, Irwan, Risna Djuli, Muhamad Sahlan, Muhamad Alang, La Ode Iskandar, Sarima, Anwar, La Ando, La Ode Ismail Munajad, Ilham Tang, Mohamad Ikhsanuddin dan Suhiddin.

Untuk melengkapi 10 aleg incumbent itu, 20 wajah baru dari berbagai partai politik yang akan mewarnai Dewan.

Baca Juga: Suara Terbanyak tapi Tak Lolos, Ini Prediksi 8 Anggota DPRD Provinsi Dapil Konsel-Bombana

Adalah La Ode Andri Ashary, L.Honto Darwin, Arya Yudhistira, La Ode Ary Priady Anas, Siswono, Asdar, La Ode Ena, Muhamad Rahim, Abdul Salam Loga, LM Oster, Muhamad Takdir, Muhamad Saleh Hayadi, La Ode Hermin, La Sali, Muhamad Tomorimbi, Muhamad Sahrun, La Irwan, Awal Hisabu, Muhamad Zultasyridah dan Rasmin.

PDIP, Golkar dan Gerindra menjadi partai peraih suara terbanyak. PDIP dari enam daerah pemilihan (dapil) meraih suara 16.375, Golkar 15.359 suara dan Gerindra 13.488 suara.

Kemudian disusul PKB 14.315 suara, NasDem 13.280 suara, Demokrat 12.464 suara, Hanura 9.961 suara, PKS 9.537 suara, PBB 6.360 suara dan PAN 4.635 suara.

Untuk perolehan kursi, PDIP mendapat jatah 5 kursi, Golkar 4, Gerindra 4, Demokrat 4, NasDem 3, PKB 3, PKS 3, Hanura 2, PBB 1 dan PAN 1.

Baca Juga: 25 Anggota Terpilih Siap Duduki DPRD Buton Selatan, 11 Incumbent Tersingkir

Ketua KPU Muna, LM Askar Adi Jaya mengatakan, proses rekapitulasi hasil perhitungan suara telah selesai dilakukan di tingkat provinsi. Kini, pihaknya tinggal menunggu hasil rekapitulasi tingkat nasional.

"Setelah pleno tingkat nasional, kita baru akan dilakukan penetapan perolehan kursi dan Caleg terpilih tingkat kabupaten," kata Askar, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, Agustini Muhaimin, Caleg incumbent menyampaikan terima kasih pada masyarakat Dapil VI yang telah mempercayainya untuk duduk kembali di Dewan. Ia pun berjanji akan menjalankan amanah yang dipercayakan untuk memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga