Habiskan Anggaran Rp 7 Miliar, Destinasi Wisata Kampung Kuliner Kolaka Utara Jadi Tempat Mesum

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Habiskan Anggaran Rp 7 Miliar, Destinasi Wisata Kampung Kuliner Kolaka Utara Jadi Tempat Mesum
Potret toilet objel wisata Kampung Kuliner di kawasan pesisir By Pass Lasusua yang tidak terawat penuh sampah dan alat kontrasepsi serta minuman penambah stamina. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Spot wisata yang dulu digadang-gadang bakal jadi sumber Pendapatan Asli Daerah, yang pembangunannya menelan anggaran kurang lebih Rp 7 miliar, kini hanya jadi tempat mesum "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Destinasi wisata "Kampung Kuliner" yang dulunya dicanangkan sebagai salah satu tempat rekreasi dipadukan dengan pusat penyajian ragam makanan lokal dan modern, saat ini kondisinya cukup memprihatinkan.

Spot wisata di kawasan pesisir By Pass Lasusua Kabupaten Kolaka Utara itu terdiri dari bangunan kuliner dan diapit dua taman pada sisi kanan-kiri. Terdapat area pejalan kaki dan gazebo apung pada kedua ruas objek wisata itu serta tempat parkir kendaraan pengunjung yang tampak tak terurus.

Pantauan Telisik.id di beberapa lokasi Kampung Kuliner, tampak tumpukan sampah plastik, botol air mineral, kardus, makanan instan, minuman penambah stamina, dan ranting-ranting pepohonan.

Tidak hanya itu, kondisi bangunan juga terlihat kumuh. Pintu masuk ruang utama yang terbuat dari kaca hancur pecah, pintu dapur area masak terbuat dari kayu rusak, begitu juga pintu toilet dan beberapa fasilitas penunjang lainnya rusak dan raib.

Ironisnya lagi, spot wisata yang dulunya digadang-gadang bakal jadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pembangunannya menelan anggaran kurang lebih Rp 7 miliar, kini hanya jadi tempat mesum.

Baca Juga: Sopir Muna Barat Dilarang Naikkan Tarif Transportasi Usai Disubsidi Pemda

Hal itu terlihat dari temuan beberapa alat kontrasepsi (kondom) dan botol minum penambah stamina di toilet tak terpakai serta tissue magic di area lain dari bagunan Kampung Kuliner.

Salah satu anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kolaka Utara, Arsyad yang ditemui di lokasi mengungkapkan, pihaknya mulai beberapa hari lalu rutin melakukan operasi di area wisata Kampung Kuliner.

"Sebenarnya bulan-bulan lalu kami juga selalu patroli di sini hanya durasinya berbeda. Baru sekitar empat hari ini kami setiap hari patroli di sini," terangnya, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: Optimalkan Pelayanan, BLUD Djafar Harun Kolaka Utara Hadirkan Alat Kesehatan Modern

Lebih lanjut ia menuturkan, pihaknya sulit untuk melakukan pengawasan selama 24 jam karena ada beberapa aktivitas lain.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kolut, Ramang, membenarkan jika telah meminta anggotanya meningkatkan patroli di kawasan tersebut. Ia juga menegaskan jika bawahannya kebetulan menjumpai pelaku mesum, agar ditangkap.

"Jika temukan pasangan mesum tangkap," tegasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga