Tetap Salat Jumat, Pengurus Masjid Lakukan Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 17 April 2020
0 dilihat
Tetap Salat Jumat, Pengurus Masjid Lakukan Ini
Suasana pelaksaan salat berjamaah di salah satu masjid di Kota Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Alhamdulillah, di tempat wudu juga kita sediakan sabun cuci tangan dan sampai saat ini sudah rutin tiga kali seminggu Masjid An Nuur disemprot disinfektan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin hari semakin banyak menjangkiti masyarakat, sejumlah Masjid di Kota Kendari masih tetap mengadakan Salat Jumat berjamaah.

Berdasarkan informasi dan pantauan  telisik.id, sekitar puluhan masjid tetap gelar salat berjamaah, diantaranya adalah Masjid Fastabiqul Khoirot Purirano, Masjid As-Syafri Mandonga, Masjid Al Muttaqin Lalombaku, Masjid Arrahmah Pasar Kota, Masjid Al Amin Lahundape, Masjid Nurul Iman Alolama, Masjid An Nuur BPN Puuwatu dan sejumlah masjid lainnya.

Hanya saja, dalam proses pelaksanaan Salat Jumat selama wabah pandemi COVID-19, ada beberapa prosedur dan upaya pencegahan yang dilakukan agar tetap steril, sebagaimana yang disampaikan Imam Masjid An Nuur BPN Puuwatu, Ustadz Wildan Abdu.

Ustadz Wildan mengatakan, setiap jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri, hand sanitizer jika ada dan memakai masker. Sedangkan bagi yang sedang sakit dan orang tua serta anak anak kecil diimbau sebaiknya Salat Zuhur di rumah.

Baca juga: Masjid Raya Nurul Iman Bombana Gelar Salat Jumat dengan Kunut

Selain itu, tambah dia, jamaah juga minta juga saat bersin dan batuk mohon memperhatikan etika tutup mulut dan hidung dengan lengan dalam.

Sedangkan saat proses pelaksanaan Salat Jumat, lanjut dia, diimbau agar khutbah dan salat kiranya bisa dipersingkat dan jangan berlama-lama, serta begitu selesai salat, jamaah juga segera mungkin pulang ke rumahnya.

"Alhamdulillah, di tempat wudu juga kita sediakan sabun cuci tangan dan sampai saat ini sudah rutin tiga kali seminggu Masjid An Nuur disemprot disinfektan," katanya, Jumat (17/4/2020).

 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga