Tina Nur Alam Genjot Peningkatan Infrastruktur Pariwisata di Sulawesi Tenggara

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Tina Nur Alam Genjot Peningkatan Infrastruktur Pariwisata di Sulawesi Tenggara
Anggota DPR RI Tina Nur Alam berencana untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk membangun kemitraan yang kuat dalam mengembangkan pariwisata Sulawesi Tenggara. Foto: Ibnu/Telisik

" Anggota DPR RI Tina Nur Alam berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan sektor pariwisata dengan infrastruktur yang menunjang "

KENDARI, TELISIK.ID - Potensi pariwisata di Sulawesi Tenggara sangat besar, merupakan peluang yang mesti dimanfaatkan daerah. Tentunya dengan infrastruktur yang memadai.

Anggota DPR RI Tina Nur Alam, berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah strategis guna meningkatkan sektor pariwisata dengan infrastruktur yang menunjang.

"Pariwisata kita sudah terkenal, tetapi harus didukung oleh infrastruktur seperti di Kabupaten Wakatobi," katanya kepada Telisik.id.

Misal salah satu penunjang infrastruktur untuk meningkatkan potensi pariwisata kata Tina, yakni tersedianya pesawat yang tiap saat menjadwalkan penerbangan menuju Wakatobi dan keluar Wakatobi.

"Pesawat saja hanya 3 kali seminggu, orang harus menunggu dua sampai tiga hari kalau mau ke Wakatobi," tambah dia.

Baca Juga: Punya Lawan Sengit, Tina Nur Alam Kekeh Raih Kursi DPR RI

Selain itu Tina Nur Alam juga berencana untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk membangun kemitraan yang kuat dalam mengembangkan pariwisata Sulawesi Tenggara.

Dia juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha lokal di sektor pariwisata, guna meningkatkan kualitas layanan dan daya saing industri pariwisata di daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir mengatakan bahwa sebagian besar wisatawan yang ke Sulawesi Tenggara didominasi ingin menikmati keindahan alam, tetapi daya tarik budaya lokal juga ada.

Baca Juga: Tina Nur Alam Sebut Pesona Wisata Sulawesi Tenggara Unik, Beda dari Daerah Lain

"Ternyata itu ada di urutan ke-4. Urutan pertama adalah daya tarik seni budaya lokal yang ada. Hal tersebut terlihat dalam survei yang dilakukan Kemenparekraf. Di urutan kedua adalah event, setelah itu kuliner dan tempat wisata,” ungkap Andi.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Wisata Religi dan Halal, Direktorat Wisata Minat Khusus Kemenparekraf, Nurul Hasmy Mallalahi menekankan agar Sulawesi Tenggara tak cuma terkenal pada wisata bahari.

"Sebenarnya banyak juga wisata dan ekonomi kreatif lainnya yang bisa dikembangkan seperti tenun, desa wisatanya, juga ada wisata religi seperti kemarin saya berkunjung ke masjid terapung Al-Alam,” ucap Nurul. (A-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga