Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Politik, JMSI Sulawesi Tenggara Gelar Dialog Politik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 17 Januari 2024
0 dilihat
Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Politik, JMSI Sulawesi Tenggara Gelar Dialog Politik
JMSI Sulawesi Tenggara akan menggelar Dialog Politik dengan menghadirkan lima orang narasumber. Foto: Kolase

" Jelang Pemilu 2024, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sulawesi Tenggara bakal menggelar Dialog Politik di Nine Teen Cafe, Sabtu (20/1/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang Pemilu 2024, dan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan politik masyarakat agar dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sulawesi Tenggara bakal menggelar Dialog Politik di Nine Teen Cafe, Sabtu (20/1/2024).

Dialog Politik ini menghadirkan lima narasumber yaitu anggota Komisi II DPR RI Hugua, Ketua KPU Sulawesi Tenggara Asril, Rektor UHO Prof. Muhammad Zamrun, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara Iwan Rompo Banne dan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh.

Ketua JMSI Sulawesi Tenggara, M. Nasir Idris mengatakan, Dialog Politik ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen JMSI untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai pemilu yang bermartabat, sehingga dapat melahirkan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang berintegritas.

"Kita ingin Pemilu 2024 ini berlangsung jujur, adil, dan damai tanpa kecurangan," katanya, Rabu (17/1/2024).

CEO Telisik.id ini juga menuturkan, Dialog Politik juga sebagai wujud partisipasi aktif media massa khususnya yang tergabung di JMSI dalam mengawal jalannya pesta demokrasi, pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif.

Baca Juga: Anggota JMSI Diminta Kawal Ketat Agenda Pemilu 2024

"Dalam menyukseskan jalannya demokrasi kita, peran media menjadi sangat penting. Media menjadi sumber informasi yang mengedukasi sekaligus menjadi kontrol agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil," tambahnya.

Peran media massa di Indonesia saat ini cukup signifikan. Media massa berfungsi sebagai saluran utama untuk menyampaikan informasi politik, dan memberikan wadah untuk debat serta diskusi politik.

Baca Juga: Ketua JMSI Beber Cara Tangkal Hoaks Bersama KPU RI

Namun, penting untuk diingat bahwa berbagai faktor lain juga ikut memengaruhi dinamika politik, termasuk perkembangan teknologi dan partisipasi langsung masyarakat.

Terpisah, ketua pelaksana kegiatan sekaligus Direktur Adiwarta.com, Adhi Yaksa Pratama mengatakan, Dialog Politik ini sejatinya dilaksanakan pada 13 Januari 2024 kemarin. Namun, kegiatan ini diundur karena menyesuaikan waktu atau kesiapan dari para narasumber.

"Kami dari panitia menyesuaikan jadwal dari narasumber dan sudah dipastikan Dialog Politik ini berlangsung pada Sabtu 20 Januari 2024 ini," bebernya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga