Tingkatkan Skill Warga Binaan, LP Khusus Anak Kendari Buka Ruang Kerjasama

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Tingkatkan Skill Warga Binaan, LP Khusus Anak Kendari Buka Ruang Kerjasama
Suasana pelaksanaan pembinaan keagamaan yang dilakukan Yayasan Al Khansa di LPKA Klas II Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" LPKA Klas II Kendari, terus menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai lembaga atau organisasi, agar bisa membina dan melatih anak-anak binaan lapas "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembinaan dan pengembangan mental nampaknya menjadi salah satu visi dan tujuan, yang selalu ingin ditanamkan kepada seluruh warga binaan lapas.

Untuk itu, Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Klas II Kendari, terus menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai lembaga atau organisasi, agar bisa membina dan melatih anak-anak binaan lapas.

Salah satunya dengan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sultra yayasan Al Khansa, yang sudah berjalan selama tiga tahun. Di mana setiap bulan ramadan selalu memberikan pembinaan terhadap seluruh warga binaan lapas anak kendari.

Kepala Lapas (Kalapas) LPKA Klas II Kendari, Efendi mengatakan, akan selalu terbuka dengan berbagai lembaga dan organisasi, yang betul-betul ingin memberikan pelatihan dan ilmu kepada anak-anak lapas Kendari.

"Kami terbuka, siapa saja diterima, asalkan itu betul-betul memberikan dampak positif terhadap warga binaan. Karena anak-anak, memang sangat membutuhkan binaan dan pengembangan kompetensi," ungkapnya, Kamis (14/4/2022).

Lanjut dia, selain kerja sama dengan berbagai pihak lembaga, dirinya menyebutkan, untuk pembinaan di lapas sendiri, pastinya ada, bahkan itu dilakukan setiap hari.

Baca Juga: Binaan Lapas Perempuan Kendari Perkuat Iman di Ramadan

"Setiap harinya itu telah dijadwalkan dengan teratur, berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh anak-anak binaan lapas, bahkan dari pagi sampai sore itu full dengan kegiatan pengembangan diri. Mulai dari belajar agama, pembinaan karakter, peningkata skill dan lain sebagainya," jelasnya.

Ketua Yayasan Al Khansa, Mawar Ruselia mengungkapkan, ini merupakan bentuk dukungan kepada anak-anak binaan, bagaimana bisa memberikan pelajaran dan motivasi yang kuat terhadap mereka.

Kata dia, ini merupakan salah satu program rutin mereka selama ramadan, bagaimana bisa memberikan pembinaan keagamaan kepada warga binaan lapas terutama lapas anak.

Secara harfiah kata dia, anak binaan sangat membutuhkan dukungan dan pembelajaran yang berbasis pengembangan dan peningkatan kompetensi terutama masalah ketakwaan.

Baca Juga: Kapolresta Kendari Berganti, Ini Jabatan Baru AKBP Didik Efrianto

"Untuk itu kita selalu membekali mereka dengan ilmu-ilmu agama. Serta setiap kunjungan, kami selalu memberikan mereka Al'quran, agar mereka baca. Dan berfikirlah bahwa di lapas ini, adalah tempat mereka dibina dan menuntut ilmu, agar kelak ketika keluar mereka menjadi sosok yang lebih baik," katanya.

Berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan yang diadakan oleh lapas, memberikan sebuah pembelajaran yang sangat berarti. Di mana semua ini belum pernah didapatkan selama berada di luar lapas.

"Tidak menyangka akan mendapatkan pembinaan dan pengembangan seperti ini. Terlebih ini semua didapatkan di dalam lapas, tempat bagi para orang-orang yang berbuat kejahatan. Pastinya sangat senang, akhirnya berbagai peningkatan skill dan kemampuan semuanya kita dapatkan disini," ujar salah satu warga binaan LPKA kelas II kendari. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga