Akui Lockdown Langkah Ideal Atasi COVID-19, Wali Kota Kendari: Kita Tahu Efeknya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 18 September 2020
0 dilihat
Akui Lockdown Langkah Ideal Atasi COVID-19, Wali Kota Kendari: Kita Tahu Efeknya
Ilustrasi daerah yang di-lockdown COVID-19. Foto: Repro google.com

" Idealnya kita lockdown. Kita tutup semua, jangan ada yang ke luar masuk. Hanya saja efeknya itu akan berdampak pada ekonomi. Jadi, efeknya itu kita tahu bersama kalau di-lockdown. Makanya saat ini kita lakukan apa yang bisa diperbuat saja dulu. "

KENDARI, TELISIK.ID – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menegaskan, langkah ideal untuk mengatasi penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan lockdown di seluruh wilayah di Indonesia.

Hanya saja, kata dia, efek yang dihasilkan dari lockdown tersebut akan berdampak pada ekonomi. Sehingga, saat ini pihaknya melakukan langkah yang bisa diperbuat untuk melindungi masyarakat, seperti adanya Peraturan Wali Kota (Perwali) dan sebagainya.

“Idealnya kita lockdown. Kita tutup semua, jangan ada yang ke luar masuk. Hanya saja efeknya itu akan berdampak pada ekonomi. Jadi, efeknya itu kita tahu bersama kalau di-lockdown. Makanya saat ini kita lakukan apa yang bisa diperbuat saja dulu,” katanya baru-baru ini.

Politisi PKS ini juga mengakui, kebijakan Perwali tersebut akan menuai banyak kritik, tapi sebagai pihak yang menjalankan pemerintahan harus bisa bersikap dan mengambil kebijakan yang bisa diperbuat untuk masyarakat.

Baca juga: Rumah Sakit Jiwa Jadi Cadangan Tempat Penanganan Pasien COVID-19

“Saya tahu banyak kritik dan saya tahu juga banyak yang tidak terima dengan kebijakan ini. Kita sadar, setiap kebijakan yang kita ambil pasti menimbulkan efek bagi sebagian pihak. Tapi, sebagai pemerintah harus bersikap dan mengambil kebijakan,” ujarnya.

Namun yang harus diketahui, lanjut Sulkarnain, apa yang dilakukan pemerintah termasuk pembatasan aktivitas di malam hari itu semua dalam rangka melindungi masyarakat.

“Apa yang dilakuan pemerintah dalam rangka melindungi masyarakat. Jadi itu semangatnya. Kalau bicara efektivitas yah jangan ada yang beraktivitas atau lockdown seluruh Indonesia, itu kalau mau. Tapi yah kita tahu efeknya. Jadi yang bisa kita lakukan saat ini adalah saling melindungi satu dengan lain,” tandasnya.

Olehnya itu, ia juga berharap masyarakat bisa menjaga jarak, memakai masker serta rajin cuci tangan, sehingga jumlah pasien COVID-19 tidak bertambah lagi.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga