Tips dan Trik Kuliah dengan Beasiswa Bidikmisi di Kampus Swasta

Nina Nurrahmah, telisik indonesia
Senin, 12 Juli 2021
0 dilihat
Tips dan Trik Kuliah dengan Beasiswa Bidikmisi di Kampus Swasta
Penerima beasiswa Bidikmisi di salah satu kampus swasta di Yogyakarta. Foto: Ist.

" Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial namun memiliki tekad, kemauan, dan juga potensi akademik untuk lanjut ke perguruan tinggi dan menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial namun memiliki tekad, kemauan, dan juga potensi akademik untuk lanjut ke perguruan tinggi dan menyelesaikan pendidikannya tepat waktu.

Selama ini program beasiswa Bidikmisi yang biasa kita ketahui merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada para siswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri.

Namun perlu diketahui juga bahwa ternyata beasiswa Bidikmisi ini tidak hanya diperuntukkan kepada kampus-kampus negeri, tetapi juga kepada kampus-kampus swasta.

Baca juga: Belajar Tatap Muka Tetap Dilaksanakan, Siswa Hanya Dua Jam di Sekolah

Baca juga: IAIN Kendari Jadi Tuan Rumah KKN Nusantara

“Proses pendaftaran beasiswa Bidikmisi di kampus swasta pun tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan. Untuk persyaratannya tidak jauh berbeda dengan kampus negeri. Intinya, persiapkan segala berkas-berkas yang diperlukan. Jangan sampai ada yang ketinggalan,” ijar alumni Bidikmisi STIPRAM Yogyakarta, Dadang Sanjaya (24), Jumat (9/7/2021).

“Yang paling penting dari mendaftar beasiswa Bidikmisi di kampus swasta adalah kita harus terus update dengan informasi beasiswa di kampus itu sehingga kita bisa tahu persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa tersebut,” kata Ardia Pramesti (23), yang juga alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari STIPRAM Yogyakarta.

Dia menambahkan  bahwa, bila sudah lolos Bidikmisi, IPK kita tidak boleh di bawah 3. Jika itu terjadi, maka siap-siap beasiswa kita akan dilempar kepada yang lain. Mahasiswa Bidikmisi juga dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan di kampus.

“Untuk adik-adik yang ingin mendaftar beasiswa Bidikmisi, perlihatkan bahwa kalian layak dan berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut dengan cara meraih sebuah prestasi. Gak harus muluk-muluk. Cukup menjadi teladan dalam lingkup kampus saja sehingga pemerintah tidak salah dalam memilih kalian sebagai penerima beasiswa Bidikmisi,” ujar Sri Silfitrah (23), mahasiswi penerima beasiswa Bidikmisi dari kampus swasta STIKMAR Majene, Sulawesi Barat. (A)

Reporter: Nina Nurrahmah

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga