Tips Mencegah Rumah Kebanjiran di Musim Penghujan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Jumat, 08 Maret 2024
0 dilihat
Tips Mencegah Rumah Kebanjiran di Musim Penghujan
Memasuki musim hujan, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari banjir untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat. Foto: Repro Bisnis Banten

" Banjir masih menjadi permasalahan yang sering terjadi Indonesia. Selain menyediakan peralatan darurat banjir, kita juga harus mengetahui cara mencegah banjir agar bisa meminimalisir kerugian yang dapat timbul "

KENDARI, TELISIK.ID - Banjir masih menjadi permasalahan yang sering terjadi Indonesia. Selain menyediakan peralatan darurat banjir, kita juga harus mengetahui cara mencegah banjir agar bisa meminimalisir kerugian yang dapat timbul.

Intensitas curah hujan yang tinggi biasanya menjadi salah satu alasan terjadinya banjir. Hal ini karena air tidak bisa diserap secara baik akibat daerah resapan yang semakin sedikit. Tentu, kondisi tersebut memperburuk daerah yang berada di dataran rendah.

Dilansir dari ruparupa.com, mencegah banjir bisa kita mulai dari diri sendiri diantaranya:

- Memasang Lubang Biopori

Lubang biopori adalah lubang berbentuk silinder yang ditanam didalam secara vertikal. Lubang biopori biasanya memiliki kedalaman 100 cm.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Sebaiknya, lubang dipasang di daerah titik air berkumpul. Kamu bisa memasangnya di dekat pohon, dasar selokan, ataupun di pekarangan rumah.

Dengan adanya lubang biopori, maka air hujan akan lebih mudah terserap ke tanah. Hal ini menyebabkan meningkatnya cadangan air tanah dan mengurangi risiko banjir. Selain itu, kamu juga bisa membuang sampah organik ke dalam lubang ini.

- Gunakan Karung Pasir

Agar air banjir tetap mengalir ke selokan, letakkan beberapa karung pasir di antara rumah dan selokan. Pilih karung yang masih bagus dan tidak sobek agar air tidak merembes melalui karung.

- Mencegah Banjir dengan Membersihkan Selokan

Membersihkan selokan secara rutin dapat mencegah banjir. Periksa selokan secara berkala dan pastikan selokan tidak ada penyumbatan. Penyumbatan bisa menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena air tidak mengalir dengan lancar.

Jika hujan datang, maka air hujan tidak bisa mengalir ke tempat lain sehingga terjadi banjir. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidak ada penyumbatan yang terjadi di selokan.

Baca Juga: Tips Ampuh Bersihkan Kain Pel Kembali Seperti Baru

Dikutip dari Ayosehat.com, usaha lainnya untuk mencegah banjir saat musim penghujan:

- Membuat saluran air dengan baik

Saluran air yang baik akan membantu air hujan mengalir tanpa hambatan. Saluran air ini bisa berupa saluran air hujan, selokan dan juga saluran untuk air hujan dari atap. Untuk membuat saluran air dengan baik, maka pelajari dahulu cara membuatnya.

- Melakukan reboisasi

Reboisasi adalah penanaman kembali. Jika anda memiliki sebuah lahan, maka jangan biarkan lahan tersebut kosong dan coba buat taman dengan menggunakan lahan tersebut.

Taman bisa ditanami dengan tanaman terutama yang memiliki penyerapan yang baik. Selain itu hindari menebang pohon di hutan secara sembarangan. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga