Tips Nabung Kurang dari Setahun Bisa Beli Mobil

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 30 Juni 2023
0 dilihat
Tips Nabung Kurang dari Setahun Bisa Beli Mobil
Anda bisa membeli mobil dengan menabung kurang dari setahun dengan perencanaan keuangan yang tepat. Foto: Repro Idntimes.com

" Impian untuk memiliki mobil bukan hal yang mustahil jika kita disiplin menabung dan melakukan perencanaan keuangan yang tepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Mobil dikenal sebagai salah satu barang mewah karena tak semua orang mampu membelinya. Banyak orang yang skeptis dapat membeli mobil jika melihat harga mobil yang berkisar ratusan juta rupiah.

Namun mimpi tersebut bisa saja Anda capai dengan menabung dan perencanaan keuangan yang tepat. Dilansir dari Mbiekspres.disway.id dan Cermati.com, berikut tips menabung untuk membeli mobil kurang dari satu tahun.

1. Membuat Tabungan Khusus Membeli Mobil

Disarankan untuk memiliki rekening tabungan terpisah untuk target menabung tertentu. Misalnya, rekening khusus untuk tabungan mobil yang memudahkan pengelolaan. Memisahkan tabungan dari rekening gaji mencegah penggunaan dana untuk keperluan lain di luar anggaran.

Terdapat banyak cara untuk membuat tabungan khusus membeli mobil, seperti tabungan tradisional, pembukaan rekening baru, ataupun portofolio investasi.

2. Set Target Tabungan untuk Mobil Impian

Sebelum memulai menabung, penting untuk memiliki tujuan yang jelas dan komitmen yang kuat terhadap keinginan memiliki mobil. Dengan cara ini, Anda akan lebih gigih dalam bekerja dan menabung untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, penting juga untuk menetapkan target jumlah tabungan yang harus dikumpulkan dan perkiraan waktu untuk mencapainya. Dengan menetapkan target semacam ini, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung karena memiliki tujuan yang harus segera dicapai.

3. Riset dan Diskusikan Mobil yang Ingin Dibeli

Untuk yang telah berkeluarga, pastikan berdiskusi dulu dengan pasangan tentang jenis mobil seperti apa yang bakal dibeli. Pahami tentang hal apa saja yang diinginkan pada mobil berdasarkan kebutuhan keluarga.

Kemudian, riset adakah mobil yang menyediakan segala fitur dan fungsi yang dibutuhkan tersebut. Sebagai contoh, jika masih hidup bersama pasangan dan memiliki seorang buah hati, tentu mobil dengan ukuran yang kecil hingga sedang sudah cukup untuk kebutuhan keluarga.

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Tabungan untuk Masa Depan

Tidak harus mengejar gengsi, inti dari memiliki mobil yang utama adalah memberi manfaat yang dibutuhkan keluarga. Jadi, kalau memang terbatas budget, jangan sekadar mengejar merek jika mobil dari brand biasa telah mampu mencukupi seluruh kebutuhan dan keinginan agar keuangan tetap aman.

4. Tak Harus Baru, Mobil Bekas Juga Ada yang Berkualitas

Membeli mobil tidak selalu harus yang baru. Mobil bekas juga layak dijadikan pilihan asal memiliki kualitas yang masih prima dan mampu memenuhi segala kebutuhan. Selain itu, karena harganya yang pasti mengalami penurunan 5 sampai 10 persen per tahun, membeli mobil keluaran 5 tahun belakangan tetap aman asal mampu memastikan kondisinya terjamin.

5. Sisihkan Bonus dan THR pada Tabungan Mobil

Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu, tentu setiap tahun akan mendapatkan THR dan bonus tahunan di luar gaji pokok. Nah, ketimbang menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan tidak penting dan konsumtif, akan jauh lebih baik jika dana tersebut dialokasikan pada tabungan mobil.

Dengan begitu, tujuan finansial tersebut bisa lebih lekas tercapai, terlebih jika ditempatkan pada deposito atau instrumen investasi dengan tingkat risiko rendah atau sedang.

6. Gunakan Fitur Autodebet agar Disiplin Menabung

Terkadang, menabung terasa sebagai aktivitas yang melelahkan dan rentan dilewatkan karena berbagai alasan. Tanpa komitmen yang kuat, kebiasaan menabung ini memang lebih mudah untuk terhenti di tengah jalan atau tidak rutin dilakukan setiap bulan.

Baca Juga: Lahirkan Tahfidz Quran untuk Tabungan Amal

Guna memudahkan aktivitas menabung tersebut, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur autodebet yang disediakan oleh sejumlah platform keuangan digital.

7. Kurangi Pengeluaran dengan Bawa Bekal

Tips lainnya agar bisa mengumpulkan lebih banyak dana untuk menabung beli mobil adalah mengurangi pengeluaran. Beberapa caranya bisa dengan lebih sering memasak sendiri di rumah dan membawa bekal ketika bekerja.

Dengan begitu, anggaran untuk makan siang dapat dihemat dan dialihkan pada tabungan ini.

8. Pulang-Pergi Kantor Bareng Pasangan

Selain itu, menghemat pengeluaran juga bisa dilakukan dengan selalu berangkat atau pulang kerja bareng pasangan. Tidak hanya menekan pengeluaran, cara ini tentu bisa membuat hubunganmu dengan pasangan menjadi lebih mesra dan romantis.

9. Ajukan Kredit Berjangka Panjang dengan Uang Muka Tinggi

Tips yang terakhir, ketika memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit, tidak ada salahnya untuk mengajukan tenor yang panjang. Namun, usahakan untuk membayar uang mukanya dengan nominal yang tinggi.

Jadi, beban cicilannya menjadi lebih ringan dan tak terlalu berat membebani keuangan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga