5 Tips Maksimalkan Tabungan untuk Masa Depan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
5 Tips Maksimalkan Tabungan untuk Masa Depan
Bila sudah mengetahui manfaat menabung dan strategi tepat menjalankannya, kebiasaan menabung tidak akan sulit dijalankan secara rutin. Foto: Repro google.com

" Membiasakan diri supaya dapat disiplin dan rutin menabung memang membutuhkan upaya khusus "

KENDARI, TELISIK.ID - Menabung merupakan kebiasaan positif untuk mempersiapkan masa depan. Dengan adanya tabungan, setidaknya dapat membuat masa depan lebih baik secara finansial.

Menabung, dikutip dari manulife.co.id, merupakan kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga.

Membiasakan diri supaya dapat disiplin dan rutin menabung memang membutuhkan upaya khusus. Bila sudah mengetahui apa manfaat menabung yang utama dan strategi tepat menjalankannya, kebiasaan menabung tidak akan lagi sulit dijalankan secara rutin.

Melansir idntimes.com, berikut beberapa cara memaksimalkan tabungan untuk masa depan lebih baik secara financial:

1. Memilih tempat menabung yang sesuai

Kamu harus memilih tempat menabung yang sesuai agar dana pada tabungan tersebut tidak mudah kamu ambil. Jangan menggunakan celengan rumahan jika kamu termasuk tipe orang yang sulit menahan diri saat membutuhkan uang.

Yang ada, kamu akan sering memecahkan celenganmu, sehingga uang untuk tabungan masa depanmu menjadi sering berkurang dan tidak bertambah. 

2. Menentukan target minimal uang yang harus ditabung

Menentukan berapa target minimal uang yang harus kamu tabung merupakan tips kedua jika ingin memaksimalkan tabungan. Misalnya, kamu ingin menabung Rp 300 ribu sebulan.

Baca Juga: 7 Tips Tetap Produktif Saat Berpuasa

Selanjutnya laksanakanlah dengan konsisten dan teratur agar bisa menjadi suatu kebiasaan. Di mana kamu secara otomatis akan selalu mengingat bahwa kamu harus menabung di setiap bulannya. 

Dengan adanya minimal uang yang ditargetkan, maka akan memunculkan keinginan kuat di dalam diri agar bisa memenuhi target yang ada. Sehingga, kamu dapat mengingat dengan jelas berapa nominal uang yang harus kamu sisihkan.

Tidak hanya itu, cara ini juga bisa menimbulkan rasa puas saat kamu bisa menabung sesuai dengan target yang sudah kamu tentukan. 

3. Pisahkan tabungan masa depan dan dana untuk kebutuhan darurat

Saat kamu sudah memutuskan untuk memaksimalkan tabungan masa depan, maka kamu harus meniatkan diri untuk tidak menggunakan tabungan tersebut dalam keadaan apa pun.

Sekalipun untuk kebutuhan yang mendesak dan tak terduga. Maka untuk itu, kamu harus memisahkan tabungan masa depanmu dengan tabungan khusus untuk kebutuhan dana darurat. 

Dengan mengantisipasinya, maka tabungan masa depanmu akan terus bertambah dan tanpa berkurang sedikitpun karena kamu yang tidak pernah mengambilnya.

4. Mencari tambahan uang

Jangan selalu menjadikan kekurangan penghasilanmu sebagai alasan untuk tidak menabung. Kamu bisa mencari tambahan uang yang dapat kamu alokasikan untuk tabungan masa depan.

Baca Juga: Ini Tips Hindari Penipuan Travel Umrah

Carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion-mu. Tentunya agar selain menambah penghasilan, kamu juga dapat mengembangkan bakat yang kamu miliki. 

5. Menahan diri dengan sebaik mungkin

Jika ternyata sulit bekerja sampingan karena pekerjaan utama yang sudah menyita banyak waku, kamu harus bisa menahan dirimu sebaik mungkin. Minimalisir pengeluaranmu dengan seefisien mungkin agar bisa menabung secara konsisten sesuai dengan targetmu. 

Nah, itulah beberapa tips menabung untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga