Tips Panjang Umur Ala Dokter Tertua Berusia 100 Tahun

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 15 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Panjang Umur Ala Dokter Tertua Berusia 100 Tahun
Dokter Tucker sebagai dokter tertua di dunia bagikan tips hidup berumur panjang seperti dirinya. Foto: Nusantaratv.com

" Seorang dokter praktik sekaligus ahli saraf tertua di dunia yang berusia 100 tahun, dr. Howard Tucker mengatakan bahwa ada beberapa gaya hidup yang ia lakukan untuk dapat hidup dengan umur yang panjang dan bahagia "

KENDARI, TELISIK.ID - Panjang umur adalah doa yang selalu diucapkan hampir semua orang saat berulang tahun. Menciptakan hidup yang panjang umur tentu harus pola hidup yang tidak asal-asalan, perlu ada tips untuk menciptakan tubuh yang selalu sehat.

Dilansir dari CNBCIndonesia.com, seorang dokter praktik sekaligus ahli saraf tertua di dunia yang berusia 100 tahun, dr. Howard Tucker mengatakan bahwa ada beberapa gaya hidup yang ia lakukan untuk dapat hidup dengan umur yang panjang dan bahagia.

"Gen yang baik dan keberuntungan dapat memberikan Anda awal yang baik, tetapi ada beberapa aturan gaya hidup yang telah saya jalani selama satu abad terakhir," ujar dokter Tucker.

Dikutip dari Health.detik.com, berikut beberapa tips panjang umur dan bahagia dari dr Tucker yang bisa diterapkan:

Rajin Olahraga

dr. Tucker merupakan sosok yang masih aktif berolahraga, meski usianya sudah satu abad. Beragam olahraga yang masih dilakukannya hingga usia akhir 80-an, seperti renang, jogging, hiking, dan bermain ski demi menjaga kesehatan fisiknya.

Baca Juga: Ini Buah yang Bisa Bikin Panjang Umur

"Walaupun saat ini saya tidak lagi bermain ski dan tidak seaktif dulu, saya berusaha untuk tetap berolahraga setiap hari," ungkap dr Tucker.

Dalam seminggu, ia berolahraga dengan treadmill setidaknya 3 mil (sekitar 4 km) menggunakan kecepatan tinggi.  Berdasarkan studi yang dipublikasikan University of Cambridge, berolahraga setidaknya berjalan kaki selama 15 menit bisa menurunkan risiko kematian dini hingga 25 persen.

Tidak Merokok

dr. Tucker juga sangat menghindari kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan organ tubuhnya. Sehingga, ia bisa memiliki umur yang panjang dalam keadaan bahagia.

Baca Juga: Yuk Amalkan, Ini Doa Awet Muda dan Panjang Umur

"Pada 1930-an, saya meminta izin kepada ayah saya untuk merokok. Beliau berkata 'saya tidak masalah kalau kamu merokok, tapi kenapa ada orang yang ingin memasukkan selain udara segar ke dalam paru-parunya ketika hidup begitu singkat?'," kata dr Tucker.

Tidak Membatasi Diri

dr. Tucker juga tidak pernah membatasi dirinya untuk melakukan banyak hal, termasuk mengkonsumsi makanan favoritnya. Menurutnya, itu bisa membuatnya lebih bahagia.

"Rahasia umur panjang sebenarnya tidak ada. Namun, kita hidup setiap hari dan mati sekali, jadi kita harus memanfaatkan waktu yang kita miliki," ujar dia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga