TKA asal China Tewas Terpanggang Akibat Ledakan Pabrik Reparasi Gas di PT OSS

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 30 Desember 2020
0 dilihat
TKA asal China Tewas Terpanggang Akibat Ledakan Pabrik Reparasi Gas di PT OSS
TKA asal China tewas terpanggang api akibat ledakan pabrik reparasi gas di PT OSS. Foto: Ist.

" Terbakar disitu saya lihat, kita cepat-cepatmi lari untuk padamkan itu apinya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tewas terpanggang akibat ledakan reparasi gas milik PT OSS di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Akibat ledakan yang terjadi pada pukul 08:30 tersebut,  dua orang TKA asal China pun menjadi korbannya.

Selain TKA yang tewas terbakar, satu TKA lagi mengalami luka parah sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Hermina Kendari untuk mendapatkan penanganan medis.

Salah seorang pekerja yang sempat meyaksikan kejadian tersebut, Syaiful mengungkapkan, ledakan itu menimbulkan kebakaran di area reparasi sehingga mereka pun mencoba memadamkan api yang terus menyala dari selang gas.

"Terbakar disitu saya lihat, kita cepat-cepatmi lari untuk padamkan itu apinya," ungkapnya, Selasa (29/12/2020) 

Baca juga: Polda Jatim Turunkan Tim Selidiki Dugaan Pelanggaran Prokes Pemakaman Habib Hasan

Berbagai upaya terus dilakukan oleh para pekerja di area tersebut. Namun sayangnya api terus berkobar hingga menewaskan satu TKA asal China itu.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Fery Walitukan mengatakan, kebakaran disebabkan dari percikan mesin las yang digunakan oleh dua TKA tersebut.

"Saat melakukan pengelasan dan pemotongan tiang dengan menggunakan mesin gurinda, percikan api menyambar selang gas yang bocor sehingga terjadi kebakaran," terangnya.

Dua TKA asal China yang menjadi korban dalam kebakaran ini adalah Wu Ciu He (52) meninggal dunia, dan Li Xiang Yu (50) mengalami luka bakar serius. Hingga kini polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran hebat tersebut. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga