Toreh Sejarah, Wakatobi Ditetapkan Sebagai 11 Kabupaten Kreatif Tahun 2021

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
Toreh Sejarah, Wakatobi Ditetapkan Sebagai 11 Kabupaten Kreatif Tahun 2021
Suasana penyerahan SK dan plakat Penetapan 21 Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2021. Foto: Kabag protokoler Wakatobi

" Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif pada sektor unggulan bidang oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif pada sektor unggulan bidang oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia.

Hal itu ditandai dengan penyerahan SK dan plakat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada perhelatan Penetapan 21 Kabupaten/ Kota (Kata) Kreatif Indonesia di Kota Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Sandiaga Uno mengucapkan selamat untuk 21 Kata Kreatif yang telah ditetapkan.

"Saya ucapkan selamat untuk 21 kabupaten/ kota yang terpilih sebagai Kata Kreatif Indonesia tahun 2019 dan Kata Kreatif 2021. Penetapan ini diharapkan dapat menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif di kabupaten/kota daerahnya masing-Masing," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno yang akrab disapa Mas Menteri juga mengharapkan ekonomi kreatif terus bertumbuh. Diharapkan kepala daerah dapat mewujudkan kebijakan untuk mencapai masyarakat sentosa, adil dan sejahtera.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Pimpin Penyerahan Sertifikat Tanah di Buton

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi, Nadar mengungkapkan rasa syukurnya atas ditetapkannya Wakatobi sebagai penerima Anugrah Kata Kreatif Indonesia 2021.

"Syukur Alhamdulillah, rahmat yang terus mengalir untuk Wakatobi. Selamat Pak Bupati, selamat untuk Wakatobi. Hari ini sejarah telah kita torehkan lagi. Dalam perjuangan menjadikan pariwisata sebagai identitas dan lokomotif pembangunan daerah Wakatobi tercinta," Ungkap Nadar, Selasa (30/11/2021).

Dia menambahkan, capaian hari ini menjadi satu bukti bahwa ikhtiar untuk sesuatu bukanlah untuk kesia-siaan.

Baca Juga: Nasib APBD 2022 Tersisa Sehari, Pembahasan Dikebut di Rapat Gabungan Komisi

"Paket komplit untuk Wakatobi. Menghadirkan pariwisata dan ekonomi kreatif secara utuh," imbuhnya.

Prestasi yang diraih ini semakin menyempurnakan penghargaan yang telah diraih Wakatobi. Sebelumnya, Kabupaten Wakatobi ditetapkan sebagai 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Ditambah dengan predikat 11 Kabupaten Kreatif 2021. SK dan Plakat diberikan langsung Menteri Sandiaga Uno dan diterima oleh Bupati Wakatobi H. Haliana.

Selain Kabupaten Wakatobi, terdapat 10 daerah lain yang menyandang predikat Kata Kreatif Indonesia 2021 yaitu Kota Ambon, Kabupaten Banjarnegara, Kota Salatiga, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Wonosobo, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karanganyar, Kota Banda Aceh dan Kota Pekalongan. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga